Jual beli Sayuran Hidroponik di Pohaci Farm Desa Balekambang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi dalam perspektif Fiqh Al-Ba'i

Abdullah, Moh Ramadan Nur (2023) Jual beli Sayuran Hidroponik di Pohaci Farm Desa Balekambang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi dalam perspektif Fiqh Al-Ba'i. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babI.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya jual beli sayuran hidroponik Salah satu alasan sayuran hidroponik ini banyak diminati, karena sangat menarik dan lebih unggul. Tetapi ada cara jual beli yang tidak sesuai denga syariat islam karena ada unsur gharar di dalamnya, dimana pemborong langsung membayar hasil taksiran kepada petani secara tunai sebelum hasil panen ada, oleh sebab itu peneliti ingin mengkaji lebih lanjut judul ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Latar Belakang Berdirinya Pohaci farm Hidroponik di Desa Balekambang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi? (2) Bagaimana Mekanisme Jual Beli Sayuran Hidroponik Di desa Balekambang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi? (3) Bagaimana Pandangan Fiqh Al-Ba’i Terhadap Jual Beli Sayuran Hidroponik Di desa Balekambang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi? Penelitian ini bertitik tolak dari keingintahuan penulis mengenai praktik jual beli Sayuran Hidroponik Di desa Balekambang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, karena yang peneliti ketahuipun usaha ini dijalankan menggunakan konsep al-ba’i Jual beli ialah suatu perjanjian tukar-menukar barang atau benda yang mempunyai nilai secara suka rela di antara kedua belah pihak Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik, dengan pendekatan Hukum Ekonomi Syari’ah. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data di lakukan secara kualitatif dengan pengumpulan data-data, yang terkait untuk dianalisis serta ditarik kesimpulan dari analisis tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pohaci Farm Hidroponik merupakan perusahaan agrobisnis yang bergerak di bidang sayuran. Mekanisme jual beli di Phaci Farm ada dua yaitu sistem eceran dan borongan. Menurut Tinjauan Fiqh Al-Ba’i untuk mekanisme jual beli dengan sistem eceran tidak ada unsusr gharar dan sesuai dengan syariat islam. Namun untuk Mekanisme jual beli dengan sistem lubang yang belum saatnya di panen terdapat unsusr gharar dan tidak diperbolehkan oleh syariat islam karena barang yang d perjual belikan belum terlihat jelas dan hanya dalam pekiraan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fiqh Al-ba’I; jual beli; hidroponik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Moh Ramadan Nur Abdullah
Date Deposited: 19 May 2023 00:49
Last Modified: 19 May 2023 00:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68117

Actions (login required)

View Item View Item