Telaah historiografi buku jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara abad XVII & XVIII karya Prof. Azyumardi Azra

Santika, Jatmika Aji (2023) Telaah historiografi buku jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara abad XVII & XVIII karya Prof. Azyumardi Azra. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (1_cover)
1_cover

Download (103kB)
[img] Text (2_abstrak)
2_abstrak

Download (61kB)
[img] Text (3_daftarisi)
3_daftarisi

Download (93kB)
[img] Text (4_bab1)
4_bab1

Download (270kB)
[img] Text (5_bab2)
5_bab2
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (6_bab3)
6_bab3
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (7_bab4)
7_bab4
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (8_daftarpustaka)
8_daftarpustaka
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Historiografi merupakan studi sejarah penulisan sejarah. Historiografi di Indonesia terbagi menjadi tiga yaitu historiografi tradisional, kolonial, dan modern. Historiografi tradisional masih banyak mengandung unsur mitos dan dongeng untuk memperkukuh kekuasaan raja. Historiografi kolonial sudah berdasarkan studi kritis namun masih berdasarkan tradisi konvensional dan menggunakan perpsektif Eropasentris. Pada perkembangan Historiografi modern, penulisan sejarah menggunakan perspektif Indonesiasentris, metode ilmiah, dan ilmu bantu sosial lainnya dalam menuliskan sejarah, dan adanya kesadaran tinggi dalam menggunakan teori sehingga sejarah tidak lagi hanya naratif deskriptif tetapi memuat analisis dalam eksplanasinya. Historiografi Islam Indonesia sebagai bagian dari historiografi Indonesia secara otomatis terpengaruh dalam mengkaji sejarah Islam Indonesia. Pengkajian sejarah Islam Indonesia dibahas dengan metode ilmiah, ilmu sosial lainnya sebagai keperluan analisis, dan menggunakan teori dalam menjelaskan sejarah. Salah satu buku sejarah Islam Indonesia di masa modern adalah buku Jaringan Ulama Timur Tengah dan Nusantara Kepulauan Abad XVII & XVIII. Buku tersebut memperlihatkan adanya perubahan cara menulis sejarah, Azyumardi Azra dalam buku tersebut menggunakan metode ilmiah, ilmu sosial lainnya sebagai alat bantu, dan penggunaan teori dalam menjelaskan sejarah. Tulisan ini ditujukan untuk mengkaji aspek-aspek historiografis dalam buku tersebut. Tahapan penelitian sejarah dari Heuristik (pengumpulan sumber sejarah), Kritik(verifikasi sumber sejarah), Interpretasi (penafsiran sumber sejarah), hingga Historiografi (penulisan sejarah) dilakukan untuk memperoleh hasil penelitian yang kemudian disusun dalam bentuk karya ilmiah berupa skripsi. Secara keseluruhan, penelitian ini mendapatkan hasil sebagai berikut. Azyumardi Azra adalah seorang sejarawan yang lahir pada tanggal 4 Maret 1955 di Padang Pariaman, Sumatra Barat, Indonesia tepatnya di Lubuk Alung. Selama hidupnya, beliau habiskan dibidang akademis yaitu menulis, mengajar. Selain bidang akademis ia turut menjadi ketua Dewan Pers namun tidak dapat menyelesaikan periode jabatannya karena beliau wafat di Serdag Hospital, Malaysia pada 18 September 2022. Sepanjang karirnya, ia menulis banyak karya ilmiah, salah satunya buku Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara abad XVII & XVIII. Buku ini sangat menarik untuk dikaji karena menggunakan sumber yang melimpah berupa manuskrip dan buku-buku otoritatif lainnya, buku ini menggunakan teori dan ilmu sosial lainnya untuk keperluan analisis sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jaringan Ulama; Historiografi; Azyumardi Azra
Subjects: Islam > Islamic History
History of Southeast Asia
History of Southeast Asia > Early History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Jatmika Aji Santika
Date Deposited: 19 May 2023 06:55
Last Modified: 19 May 2023 06:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68150

Actions (login required)

View Item View Item