Perencanaan Kantor Urusan Agama dalam meningkatkan program pelayanan wakaf : Studi deskriptif di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi

Mahmud, Mahmud (2023) Perencanaan Kantor Urusan Agama dalam meningkatkan program pelayanan wakaf : Studi deskriptif di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy

Abstract

Wakaf apabila ditinjau dari aspek sosial keislaman mengandung nilai ekonomi yang tinggi yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan sosial yang dapat dirasakan semua masyarakat. Akan tetapi, tujuan tersebut terkadang tidak sesuai dengan realita yang ada. Karena dalam pengelolaan wakaf kerap ditemukan hambatan-hambatan dalam upaya merealiasasikan tujuan tersebut. KUA Kecamatan Ciracap sebagai salah satu satuan kerja dibawah Kemenag berupaya merealisasikan tujuan tersebut dengan diadakannya pelayanan wakaf di tingkat Kecamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Forecasting (peramalan), Establishing Objectives (penetapan tujuan), Scheduling (penjadwalan), dan Budgeting (penganggaran) dalam upaya meningkatkan program pelayanan wakaf di KUA Kecamatan Ciracap. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Louis A. Allen yang mengemukakan bahwa tahapan aktivitas perencanaan meliputi Forecasting (peramalan), Establishing Objectives (penetapan tujuan), Programming (pemprograman), Scheduling (penjadwalan), Budgeting(penganggaran), Developing Procedure (pengembangan prosedur), Establishing and Interpreting Policies (penetapan dan penafsiran kebijkasanaan). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi yang berkaitan dengan perencanaan Kantor Urusan Agama dalam meningkatkan program Pelayanan Wakaf. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perencanaan KUA dalam upaya meningkatkan program pelayanan wakaf di KUA Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi telah dilakukan dengan baik, dengan mengikuti langkah-langkah seperti, peramalan (forecasting) yang mana dilakukan dengan memprediksi kebutuhan (demand forecast), peramalan permintaan kebutuhan, peramalan kualitatif serta teknik survei pasar, dan teknik personal insight dalam memperbaiki program. kemudian penetapan tujuan (establishing objective) dilakukan dengan menggunakan sebagian metode SMART goals dari George T. Doran serta ditetapkan secara efektif dan tidak di tetapkan secara sepihak saja. Lalu penjadwalan (scheduling) ditetapkan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi masyarakat serta pihak KUA sendiri, dan yang terakhir penganggaran (budgeting) ditetapkan dengan mempertimbangkan laporan keuangan yang terdahulu. Adapun anggaran program pelayanan wakaf di KUA kecamatan Ciracap sendiri berasal dari dari BOP (Biaya Operasional Perkantoran), Infaq rutin KUA dan dana alternatif dari penggeseran alokasi dana dari program lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; program; Pelayanan Wakaf;
Subjects: General Management
Area Planning
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mahmud Azzam
Date Deposited: 19 May 2023 06:00
Last Modified: 19 May 2023 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68157

Actions (login required)

View Item View Item