Penerapan Ice Breaking untuk meningkatkan perhatian peserta didik pada mata pelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah : Penelitian tindakan kelas mata pelajaran tematik di kelas III MI Nurul Yakin Kabupaten Bandung

Fitriyani, Anisa (2023) Penerapan Ice Breaking untuk meningkatkan perhatian peserta didik pada mata pelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah : Penelitian tindakan kelas mata pelajaran tematik di kelas III MI Nurul Yakin Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalah penelitian ini, bahwa beberapa kondisi peserta didik di kelas III masih belum memiliki perhatian dalam proses belajar, diantaranya. Pertama, beberapa peserta didik asik dengan aktivitasnya seperti menggambar di buku catatan, mengobrol dengan teman sekelas, melamun atau tidak memperhatikan gurunya saat menjelaskan materi di depan kelas. Kedua, suasana belajar mengajar di kelas tersebut masih kurang menarik. Hal tersebut terlihat ketika kegiatan belajar mengajar kurang kondusif, jenuh dan membosankan. Penelitian ini bertujuan, yaitu untuk mengetahui perhatian peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan ice breaking dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya pada mata pelajaran tematik di kelas III MI Nurul Yakin Kabupaten Bandung. Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebnayak dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Ice breaking ialah salah satu jenis aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengalihkan suasana dalam proses pembelajaran. Ketika guru dapat mengalihkan suasana pembelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dengan menggunakan ice breaking suasana akan kembali menyenagkan dan ceria dengan pembelajaran yang tetap kondusif. Ice breaking ini juga dapat diberikan kepada peserta didik ketika awal pembelajaran, pertengahan pembelajaran dan di akhir pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada kelas III MI Nurul Yakin Kabupaten Bandung yang terdiri dari 23 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) perhatian peserta didik sebelum diterapkan ice breaking pada pra siklus ini terlihat dari persentase skor rata-rata angket yang menunjukan pada 50,43% termasuk pada kategori “Sedang” sedangkan untuk persentase aktivitas yang didapat guru ialah 75% (baik) serta persentase aktivitas peserta didik ialah 52,94% (cukup). Sementara 2) perhatian peserta didik setelah diterapkan ice breaking pada siklus I dan siklus II mendapatkan rata-rata persentase skor angket perhatian pada siklus I menunjukan peningkatan dengan mendapatkan rata-rata persentase skor angket perhatian sebesar 72,04% dengan kategori tinggi. Kemudian pada siklus II meningkat lagi yakni mendapat persentase angket perhatian sebesar 81% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan untuk Aktivitas guru pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 80,35% dengan kategori baik, dan aktivitas peserta didik pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 67,82% dengan kategori cukup. Pada siklus II mendapat persentase aktivitas guru sebesar 91,07% dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas peserta didik mendapat persentase sebesar 81,43% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ice Breaking; Perhatian; Mata Pelajaran Tematik.
Subjects: Education > Psychology of Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anisa Fitriyani
Date Deposited: 22 May 2023 04:22
Last Modified: 22 May 2023 04:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68169

Actions (login required)

View Item View Item