Solidaritas sosial Save Street Child di Kota Tanggerang Selatan : Studi deskriptif di Pondok Ranji, Kota Tanggerang Selatan

Naabih, Janitra Farandy (2023) Solidaritas sosial Save Street Child di Kota Tanggerang Selatan : Studi deskriptif di Pondok Ranji, Kota Tanggerang Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Hingga saat ini, permasalahan anak jalanan masih menjadi masalah yang hangat untuk di perbincangkan. Kasus-kasus kekerasan dan eksploitasi hingga sekarang masih banyak terjadi kepada anak-anak jalanan tersebut. Banyak anak jalanan yang tidak dapat bersekolah atau merasakan pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan. mereka harus dengan sangat terpaksa merasakan kerasnya berada dijalanan untuk mencari uang, bahkan menjadi korban eksploitasi. Dengan hadirnya komunitas Save Street Child menjadi harapan bagi para anak-anak jalanan dengan memanusiakan mereka kembali, martabat, harkat anak jalanan baik yang tidak tertampung maupun yang tertampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan anak jalanan yang berada di kota Tanggerang Selatan dengan menjadikan komunitas Save Street Child sebagai wadah untuk melakukan pemberdayaan terhadap anak jalanan di tanggerang selatan. Teori yang digunakan yaitu teori solidaritas sosial dari Emile Durkheim. Menurut Emile Durkheim, bahwa solidaritas terbagi menjadi 2, yaitu solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Solidaritas mekanik di dalamnya bersifat homogen dan tidak saling bergantung satu sama lain, biasanya jenis solidaritas ini ada pada masyarakat desa. Sedangkan solidaritas organik di dalamnya bersifat heterogen dan saling bergantung satu sama lain, biasanya jenis solidaritas ini ada pada masyarakat perkotaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif, yaitu upaya untuk menggambarkan fenomena yang sedang terjadi, seperti solidaritas Save Street Child di kota Tanggerang dalam melakukan pemberdayaan terhadap anak jalanan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara terhadap informan Ketua SSC dan masyarakat sebagai informan pangkal, serta wawancara terhadap anak jalanan sebagai informan kunci. Sedangkan data sekunder diperoleh dengan buku, dokumen, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu adanya kesamaan pengalaman, tujuan, komunikasi aktif, dan keterlibatan aktif dalam kegiatan menjadi faktor pendorong terbentuknya solidaritas dalam komunitas. Upaya pemberdayaan komunitas terhadap anak jalanan yaitu dengan memberikan pendidikan non formal, perlindungan, pelatihan keterampilan hidup, dan membangun hubungan dengan Lembaga, Yayasan, dan pemerintah. Faktor yang mejadi penghambat dalam melakukan pemberdayaan yaitu kurangnya partisipasi dari masyarakat dan Lembaga, Yayasan, serta pemerintah sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial; Save Street Child; Komunitas; Tanggerang Selatan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Communities > Socialist Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Janitra Farandy Naabih
Date Deposited: 22 May 2023 02:03
Last Modified: 22 May 2023 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68221

Actions (login required)

View Item View Item