Toxic Relationship dalam kehidupan sosial remaja : Penelitian pada perempuan berdomisili di Bekasi melalui media sosial Instagram

Putri, Jihan Rezkah (2023) Toxic Relationship dalam kehidupan sosial remaja : Penelitian pada perempuan berdomisili di Bekasi melalui media sosial Instagram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari akun sosial media instagram yang menyuarakan mengenai fenomena Toxic Relationship dalam hubungan asmara yang dapat menyebabkan adanya tindak kekerasan dalam hubungan asmara. Tindakan ini terjadi karena ketidaktahuan korban mengenai bentuk-bentuk dari Toxic Relationship dan korban tidak berani melaporkan kejadian yang dialaminya sehingga terus terjebak dalam Toxic Relationship yang menyebabkan dampak dalam kehidupan sosialnya. Menurut KEMENPPA tahun 2018 yang menyatakan terdapat 42,7% perempuan yang belum menikah mengalami kekerasan dan sebanyak 2.090 pelaku kekerasan tersebut merupakan pasangan dalam hubungan asmara (pacar). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui fenomena sosial Toxic Relationship di media sosial Instagram dan untuk mengetahui persepsi perempuan selaku korban Toxic Relationship dalam hubungan asmara serta dampak terhadap kehidupan sosial korban. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Teori Pertukaran George C. Homans. Dimana teori ini menjelaskan mengenai suatu hubungan timbal balik dalam skala mikro yang memperhatikan cost,reward, dan profit didalamnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Peneliti menggambarkan realita dengan narasi mengenai fenomena Toxic Relationship dalam hubungan asmara yang berdampak pada kehidupan sosial korban. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan kajian pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data-data penting, mereduksi data, mengklasifikasikan data dan membuat kesimpulan. Penelitian ini dilakukan melalui media sosial Instagram peneliti yang berdomisili di Bekasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena Toxic Relationship yang dikampanyekan di Instagram selaras dengan fenomena Toxic Relationship yang dialami oleh remaja perempuan selaku korban Toxic Relationship dalam hubungan asmara. Seperti bentuk-bentuk dari Toxic Relationship yaitu kekerasan verbal, kekerasan fisik, dan kekerasan ekonomi. Tindakan kekerasan ini terjadi secara berulang-ulang dialami oleh para korban hal ini dikarenakan korban tidak melakukan perlawanan saat terjadinya tindakan Toxic Relationship. Korban hanya diam, menurut dan ketakutan sehingga korban memiliki dampak terhadap tindakan kekerasan yang dialaminya seperti kehilangan pertemanan, relasi, dan penyakit mental. Hal ini sangat mempengaruhi kehidupan sosial korban Toxic Relationship dalam hubungan asmara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan asmara; Instagram; Kekerasan; Remaja perempuan; Toxic Relationship.
Subjects: Ethics of Social Relations
Social Process > Conflict Social
Factors Affecting Social Behaviour
Depositing User: Jihan Rezkah Putri
Date Deposited: 22 May 2023 04:03
Last Modified: 22 May 2023 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68228

Actions (login required)

View Item View Item