Penerapan prinsip-prinsip hukum ekonomi Syari'ah pada waralaba ayam bakar KQ-5 Ujung Berung Bandung

Tohir, Marzuki (2014) Penerapan prinsip-prinsip hukum ekonomi Syari'ah pada waralaba ayam bakar KQ-5 Ujung Berung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2. Daftar Isi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3 bab .pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4 bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5 bab iii .pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6 bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7 daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini banyak tren bisnis bermunculan, salah satunya adalah bisnis dengan sistem waralaba. Waralaba adalah sistem bisnis bagi perusahaan atau seseorang yang diberikan oleh pemilik perusahaan waralaba (franchisor) kepada pewaralaba (franchisee) untuk dapat menggunakan hak, merk, cipta, paten dalam menyalurkan produk/jasa franchisor. Pewaralaba muslim memodifikasi sistem waralaba konvensional supaya lebih adil dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah. Ayam bakar KQ-5 merupakan salah satu waralaba syariah, namun sampai saat ini belum ada yang mengkaji prinsip-prinsip syariah yang diterapkannya. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana sistem pengelolaan yang diterapkan pada waralaba Ayam Bakar KQ-5 Ujung Berung. (2) Untuk mengetahui mekanisme kerjasama pengelolaan waralaba pada waralaba Ayam Bakar KQ-5 Ujung Berung Bandung (3) Untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip syariah pada waralaba Ayam Bakar KQ-5 Ujung Berung Bandung. Kerangka pemikiran penelitian ini menggunakan Peraturan Menteri Perdagangan No 12 Tahun 2006, “franchise (waralaba) adalah perikatan antara pemberi waralaba dengan penerima waralaba dimana penerima waralaba diberikan hak waralaba untuk menjalankan usaha dengan memanfaatkan dan/ atau menggunakan hak kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pemberi waralaba dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi waralaba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif dan yuridis empiris. Pendekatan yuridis normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti terhadap peraturan-peraturan dan literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti dan pendekatan empiris yaitu pendekatan kepustakaan yang berpedoman pada peraturan-peraturan, buku-buku atau literatur-literatur. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Sistem pengelolaan yang diterapkan pada waralaba Ayam Bakar KQ-5 terbentuk berdasarkan perjanjian antara pihak-pihak yang berkontrak sehingga melahirkan perikatan yang menimbulkan kewajiban dan hak. (2) Mekanisme kerjasama waralaba Ayam Bakar KQ-5 terdiri dari waralaba lepas dan waralaba murni. (3) Prinsip-prinsip syariah yang diterapkan oleh waralaba Ayam Bakar KQ-5 adalah pada pelaksanaan akad kerja sama antara franchisor dengan franchisee, yaitu menggunakan akad mudharabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prinsip-prinsip Hukum Ekonomi Syari'ah; Waralaba;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Tohir Tohir Marzuki Marzuki
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:37
Last Modified: 29 Jun 2019 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item View Item