Pengaruh pemberian limbah media tanam Jamur Merang (Volvariella volvaceae) terhadap Penyakit Layu Fusarium (Fusarium oxysforum f.sp. lycopersici) pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum)

Cahyaningtyas, Rahmaniah (2023) Pengaruh pemberian limbah media tanam Jamur Merang (Volvariella volvaceae) terhadap Penyakit Layu Fusarium (Fusarium oxysforum f.sp. lycopersici) pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produksi tomat yang berfluktuatif, disebabkan oleh tidak optimalnya produksi tomat yang salah satunya disebabkan karena adanya serangan penyakit pada tanaman. Penyakit yang memberikan dampak yang cukup besar pada tanaman tomat yaitu layu Fusarium yang disebabkan oleh Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mengendalikan penyakit layu Fusarium yaitu dengan pemberian limbah media tanam jamur merang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan limbah media tanam jamur merang dalam menekan penyakit layu Fusarium pada tanaman tomat dan formula yang paling efektif dalam menekan penyakit layu Fusarium pada tanaman tomat. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Plant disease UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pada Juni – Agustus 2022 dan Screenhouse Kebun Percobaan Ciparanje Universitas Padjajaran Bandung, pada September – Desember 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), 7 Perlakuan dan 4 Ulangan yaitu A = Limbah media jamur merang padat 20 g/ 2 minggu + Fol 10 g; B = Limbah media jamur merang (pelarut aquades) 50 ml/ 2 minggu + Fol 10 g; C = Limbah media jamur merang (pelarut air kelapa) 50 ml/ 2 minggu + Fol 10 g; D = Campuran padat 20 g + (pelarut aquades) 50 ml/ 2 minggu + Fol; E = Campuran padat 20 g + (pelarut air kelapa) 50 ml/ 2 minggu + Fol 10 g; F = Inokulasi Fol 10 g(Kontrol); G = Tanpa inokulasi Fol + limbah media tanam jamur merang padat 20 g/2 minggu. Uji lanjut yang digunakan adalah uji lanjut DMRT (Duncan’s Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukan pemberian limbah media tanam jamur merang efektif dalam menekan penyakit layu Fusarium dan mampu membantu pertumbuhan dan hasil pada tanaman tomat. Perlakuan E (Campuran padat 20 g + (pelarut air kelapa) 50 ml/ 2 minggu + Fol 10 g) menunjukan formulasi terbaik dalam menekan penyakit layu Fusarium dan berpengaruh baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Air Kelapa; Layu Fusarium; Limbah media tanam jamur merang; Tomat
Subjects: Production, Industrial Economics > Agriculture
Microorganisms > Mushrooms
Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture
Specific Techniques of Agriculture > Seeds and New Varieties
Plant Injuries > Plant Diseases
Garden Crops, Horticulture, Vegetables > Injuries, Diseases, Pests of Flower
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Rahmaniah Cahyaningtyas
Date Deposited: 23 May 2023 08:17
Last Modified: 23 May 2023 08:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68245

Actions (login required)

View Item View Item