Peran etos kerja petani dalam meningkatkan produksi pertanian : Penelitian di kelompok Perintis Petani di Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

Rahayu, Azda Puspita (2023) Peran etos kerja petani dalam meningkatkan produksi pertanian : Penelitian di kelompok Perintis Petani di Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan bahwa etos kerja petani itu menentukan tingkat produksi pertanian. Etos kerja merujuk pada sikap dan nilai-nilai yang berkaitan dengan kerja dan produktivitas, termasuk motivasi untuk bekerja keras, disiplin, tanggung jawab, dan inisiatif. Sistem pertanian yang masih tradisional cenderung kurang terorganisir, sehingga seringkali mengalami masalah seperti kurangnya motivasi dan inisiatif untuk meningkatkan produktivitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana etos kerja petani, apa saja faktor pendukung dan penghambat etos kerja petani, dan untuk mengetahui peran etos kerja petani dalam meningkatkan produksi pertanian di Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Teori yang digunakan dalam peneltian ini adalah Teori Tindakan Sosial oleh Max Weber. Tindakan Sosial dibedakan menjadi empat yaitu Tindakan Instrumental Rasional, Tindakan Value-Rational, Tindakan Afektif, dan Tindakan Tradisional. Adapun jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini ada 2 yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data kualitatif versi Miles dan Huberman, yang langkah-langkahnya adalah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini di Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etos kerja petani cukup penting dalam meningkatkan produksi pertanian. Alasan pentingnya: hasil pertanian semakin meningkat, panen sesuai waktu, pendapatan meningkat, dan kebutuhan sehari-hari tercukupi. Maka hasil pertanian dan tingkat ekonomi masyarakat meningkat di Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja; Petani; Produksi Pertanian
Subjects: Farm, Farming
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Azda Puspita Rahayu
Date Deposited: 22 May 2023 02:04
Last Modified: 22 May 2023 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68246

Actions (login required)

View Item View Item