Pengaruh model pembelajaran Predict - Observe - Explain (POE) berbantu Liveworksheet terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan

Erawan, Rifky Putra (2022) Pengaruh model pembelajaran Predict - Observe - Explain (POE) berbantu Liveworksheet terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai pembaharuan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas belajar yang bertujuan untuk mengetahui pentingnya pengaruh model POE berbantu live worksheet terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalen control group design dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa instrumen tes yaitu soal pretest dan posttest. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa sebesar 96% setelah menggunakan model POE berbantu liveworksheet. Hasil keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain sebesar 0.61, sedangkan di kelas kontrol menunjukan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,42 yang keduanya menunjukkan kategori sedang. Untuk mengetahui pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yaitu berdasarkan hasil analisis pada uji Mann Whitney sebesar 0.014 < 0.05 yang menujukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan. Analisis uji effect size memberikan hasil 0,756 dengan kategori sedang. Siswa merespon positif terhadap proses pembelajaran dengan rata-rata nilai 77%. Nilai rata-rata pada setiap aspek tersebut menunjukkan interpretasi baik terhadap pembelajaran menggunakan model POE berbantu live worksheet pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model POE; media liveworksheet; keterampilan berpikir kritis; perubahan lingkungan;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rifky Putra Erawan
Date Deposited: 22 May 2023 01:57
Last Modified: 22 May 2023 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68267

Actions (login required)

View Item View Item