Pengaruh metode Nazam Sunda terhadap pemahaman peserta didik mengenai Biografi Nabi Muhammad : Penelitian Quasy Experiment pada siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung

Ansah, Denis Febri (2023) Pengaruh metode Nazam Sunda terhadap pemahaman peserta didik mengenai Biografi Nabi Muhammad : Penelitian Quasy Experiment pada siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini sesuai dengan fenomena yang terjadi di MTs Ar-Rosyidiyah Bandung yaitu masih minimnya pemahaman peserta didik mengenai biografi Nabi Muhammad, hal ini bisa terjadi karena kurang cocoknya metode yang digunakan, oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai biografi Nabi Muhammad adalah dengan menggunakan metode nazam sunda. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pemahaman peserta didik mengenai biografi Nabi Muhammad pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvesional; (2) mengetahui pemahaman peserta didik mengenai biografi Nabi Muhammad pada kelas yang menggunakan metode nazam sunda; (3) mengetahui perbedaan pemahaman peserta didik mengenai biografi Nabi Muhammad antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvesional dan juga kelas yang menggunakan metode nazam sunda. Pemikiran di dalam penelitian ini berdasar kepada pemahaman peserta didik yang bisa dipengaruhi oleh berbagai macam metode yang digunakan, yang salah satunya adalah metode nazam sunda, oleh karena itu, hipotesis di dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan pemahaman peserta didik mengenai biografi Nabi Muhammad antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvesional dan kelas yang menggunakan metode nazam sunda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group, yang mana terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan keseluruhan jumlah sampel 63, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan juga dokumentasi. Pada hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa: (1) pemahaman peserta didik pada kelas kontrol termasuk ke dalam kategori sedang, dengan 90 menjadi nilai tertinggi dan 60 nilai terendah, dengan rata-rata nilai 76,45; (2) pemahaman peserta didik kelas eksperimen termasuk ke dalam kategori tinggi, dengan 100 menjadi nilai tertinggi dan 70 nilai terendah, dengan rata-rata nilai 83; (3) terdapat perbedaan pemahaman peserta didik mengenai biografi Nabi Muhammad antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji Independent Sample t-Test yang menunjukan hasil 0,01 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Nazam Sunda; Pemahaman Peserta Didik
Subjects: Islam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: denis febr denis febri ansah
Date Deposited: 22 May 2023 01:55
Last Modified: 22 May 2023 01:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68270

Actions (login required)

View Item View Item