Pengembangan bahan ajar matematika berbasis Acknowledge, Literature, Quest, Unite, Refine, Use, Name (ALQURUN) Teaching model untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Rahmasari, Jihan Alfani (2023) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis Acknowledge, Literature, Quest, Unite, Refine, Use, Name (ALQURUN) Teaching model untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang perlu ditingkatkan serta perlu adanya bahan ajar sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan berupa bahan ajar matematika berbasis ALQURUN Teaching Model. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Proses pengembangan bahan ajar matematika berbasis ALQURUN Teaching Model; (2) Validitas bahan ajar matematika berbasis ALQURUN Teaching Model; (3) Efektivitas bahan ajar matematika berbasis ALQURUN Teaching Model; (4) Respon siswa terhadap bahan ajar matematika berbasis ALQURUN Teaching Model. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil penelitian pengembangan ini, yaitu: (1) Berdasarkan proses pengembangan bahan ajar dengan model ADDIE dihasilkan bahan ajar matematika berbasis ALQURUN Teaching Model pada materi aljabar kelas VII berbentuk cetak; (2) Validitas bahan ajar matematika dari ahli media mendapat skor validitas sebesar 82 dan ahli materi mendapat skor validitas sebesar 84 dengan kriteria yang sama yaitu sangat valid, sehingga bahan ajar layak digunakan berdasarkan penilaian ahli; (3) Efektivitas bahan ajar mendapat persentase sebesar 80% dengan kriteria efektif, hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis; (4) Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan mencapai skor 88 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; ALQURUN Teaching Model; Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Algebra > Foundations of Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Jihan Alfani Rahmasari
Date Deposited: 22 May 2023 07:35
Last Modified: 22 May 2023 07:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68272

Actions (login required)

View Item View Item