Pengaruh ketidakpastian lingkungan eksternal organisasi terhadap senjangan anggaran pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung

Prasetya, Rizal (2023) Pengaruh ketidakpastian lingkungan eksternal organisasi terhadap senjangan anggaran pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy

Abstract

Tugas pelayanan publik adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Organisasi Pemerintah Daerah. Kewajiban dalam mengelola keuangan daerah merupakan salah satu bentuk dari tugas pelayanan publik tersebut. Bentuk dari pengelolaan keuangan daerah dapat dilihat dari pelaksanaan APBD. Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung termasuk organisasi pemerintahan yang bertugas untuk merealisasikan APBD. Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung belum melakukan realisasi anggaran yang efektif dan efisien di tahun 2020 yang menyebabkan adanya senjangan anggaran. Hal ini dibarengi dengan pandemi COVID-19 yang menimbulkan ketidakpastian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu adakah pengaruh ketidakpastian eksternal organisasi terhadap senjangan anggaran yang dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung dan mengukur seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif asosiatif. Pengambilan data yang diterapkan adalah melakukan observasi dan menyebarkan kuesioner. Pengambilan sampel yang dipakai adalah pengambilan sampel secara purposive. Teknik pengolahan data yang diterapkan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis regresi linier sederhana, uji t (hipotesis), dan uji koefisien determinasi dengan alat bantu pengkat lunak SPSS 26. Hasil akhir dari penelitian memperlihatkan adanya pengaruh positif dan signifikan ketidakpastian lingkungan eksternal organisasi terhadap senjangan anggaran yang dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung. Pengaruh yang diakibatkan oleh ketidakpastian lingkungan eksternal organisasi adalah sebanyak 36,3% terhadap senjangan anggaran dan ada variabel lain di luar penelitian yang mempunyai pengaruh sebanyak 63,7% terhadap senjangan anggaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keuangan Daerah; Ketidakpastian Lingkungan; Senjangan Anggaran
Subjects: Public Finance
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rizal Prasetya
Date Deposited: 23 May 2023 01:46
Last Modified: 23 May 2023 01:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68308

Actions (login required)

View Item View Item