Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap implementasi akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan kesejahteraan pegawai (PKP) iB Maslahah Bank BJB Syariah

Inayah, Ina Nur (2022) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap implementasi akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan kesejahteraan pegawai (PKP) iB Maslahah Bank BJB Syariah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy

Abstract

Implementasi akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan perbankan syariah pada produk pembiayaan produktif dan konsumtif diterapkan pada Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP) Bank bjb Syariah iB Maslahah. Pembiayaan fasilitas pembiayaan konsumtif yang diberikan kepada pegawai pemerintah atau swasta dimana perusahaan induk telah ada kerjasama dengan bank dan mengharuskan nasabah menyertakan SK sebagai jaminan pembayaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Ketentuan hukum akad musyarakah mutanaqisah; (2) Implementasi akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan PKP iB Maslahah Bank bjb Syariah (3) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap implementasi akad musyarakah mutanaqisah pada Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP) iB Maslahah di Bank bjb Syariah. Kerangka pemikiran penelitian berangkat dari pemikiran bahwa prinsip syariah pada perbankan syariah adalah penggunaan akad -akad yang sesuai dengan ketentuan syariah serta direkomendasikan oleh undang-undang dan ketentuan yang berlaku mengacu pada fatwa DSN dan kesesuain akad dengan pelaksanaan transaksinya. Menggunakan metode deskriptif penelitian ini yang menggambarkan mekanisme akad musyarakah mutanaqisah pada Produk Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP) iB Maslahah di Bank bjb Syariah. Didukung dari beberapa sumber data baik sumber data primer dan sekunder dan data lain dikumpulkan melalui wawancara dan studi pustaka. Menggunakan jenis data kualitatif kemudian data- data tersebut dianalisis dengan pendekatan yuridis normatif dan study objektif di lapangan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap implementasi akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan PKP yang merupakan jenis pembiayaan konsumtif secara umum telah sesuai dengan ketentuan fatwa yang menyatakan bahwa akad ini dapat digunakan dalam proses kepemilikan aset. Beberapa ketentuan masih belum sepenuhnya terimplementasi secara konsisten terkait kesesuaian ketentuan akad dengan diperbolehkannya obyek akad dimiliki selain para syarik. Hal ini tidak sejalan dengan konsep dasar musyarakah mutanaqisah sebagai akad pada kepemilikan aset bersama para syarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah; Musyarakah Mutanaqisah; Bank bjb Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ina Nur Inayah
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:38
Last Modified: 07 Sep 2023 07:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68326

Actions (login required)

View Item View Item