Strategi penyiaran radio MNC Trijaya FM dalam menyajikan berita : Studi deskriptif kualitatif pada program Trijaya Hot Topic

Daffa, Ammar (2023) Strategi penyiaran radio MNC Trijaya FM dalam menyajikan berita : Studi deskriptif kualitatif pada program Trijaya Hot Topic. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy

Abstract

Radio MNC Trijaya FM merupakan media penyiaran radio yang berada di 23 titik wilayah daerah yang tersebar di seluruh Indonesia dengan tagline “The Real News and Information” dengan berbagai macam program penyiaran, mulai dari program penyiaran yang edukatif, interaktif dan informatif hingga penyiaran berita, Radio MNC Trijaya FM selalu berusaha menjadi media penyiaran yang menyajikan informasi dan berita yang menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia. Salah satu program siaran unggulan yang dimiliki oleh Radio MNC Trijaya FM adalah program Trijaya Hot Topic memilii durasi penyiaran 3 jam dengan isu pembahasan yang berbeda pada setiap siarannya. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengatahui strategi yang digunakan oleh Radio MNC Trijaya FM pada program siaran Trijaya Hot Topic yang berfokus pada tahapan proses pra produksi, produksi dan pasca produksi. Penelitian yang dilandasi dengan paradigma interpretative dan pendekatan kualitatif, serta metode deskriptif kualitatif, yang kemudian dijabarkan secara terperinci dengan metode pengumpulan data wawancara dan observasi langsung di lapangan, dan tentunya didasari dengan landasan konsep manajemen komunikasi. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Pada tahap proses pra produksi melakukan perencanaan terkait program siaran Trijaya Hot Topic. Koordinasi, menentukan ide atau konsep program siaran, dan memproduksi naskah siaran yang akan dibawakan pada saat siaran berlangsung. Pada tahap proses produksi yaitu melakukan kegiatan proses penyiaran dengan menyajikan berita yang aktual dan terpercaya dengan isu pembahasan yang up to date, di sisi lain penambahan segmen talkshow dalam program siaran Trijaya Hot Topic menjadi strategi penyiaran dan juga daya tarik tersendiri bagi Radio MNC Trijaya FM dalam menyajikan berita. Pada tahap terakhir yaitu tahap proses pasca produksi yang meliputi pelaksanaan proses evaluasi, hal ini dilakukan untuk menggambarkan bagaimana pelaporan siaran dilakukan, serta menjelaskan bagaimana kesulitan dan kesalahan yang terjadi selama proses siaran berlangsung. Evaluasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas siaran dan kedepannya program-program yang disiarkan dapat banyak diminati masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Penyiaran; Radio; Berita
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ammar Daffa
Date Deposited: 23 May 2023 01:08
Last Modified: 23 May 2023 01:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68339

Actions (login required)

View Item View Item