Moderasi keberagamaan dalam interaksi sosial : Penelitian tentang perilaku keagamaan pada masyarakakat pendatang di Komplek Griya Bandung Indah Desa Buahbatu Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Rahmatika, Anisya (2023) Moderasi keberagamaan dalam interaksi sosial : Penelitian tentang perilaku keagamaan pada masyarakakat pendatang di Komplek Griya Bandung Indah Desa Buahbatu Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKAA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy

Abstract

Menjadi konsekuesi logis bahwa di Komplek Griya Bandung Indah terjadi keberagaman dalam interaksi sosial dan dalam pelaksanaan peribadahan. Hal ini disebabkan para penghuni datang dari berbagai daerah yang membawa karakter, budaya, dan agama yang berbeda (Islam, Kristen). Semua perbedaan tersebut bertemu di satu kawasan, yaitu di Komplek Griya Bandung Indah. Moderasi keberagamaan adalah praktik atau pendekatan yang bertujuan untuk menciptakan harmoni, toleransi, dan penghargaan terhadap perbedaan agama di dalam masyarakat. Ini melibatkan upaya untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang agama-agama yang berbeda, serta memfasilitasi dialog antar agama dan kerjasama antar umat bergama. . Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode deskripftif dengan pendekatan kualitatif. Dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu sumber datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Data tersebut dianalisis dengan Mills dan Haberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah sikap dan perilaku di komplek Griya Bandung Indah sangat baik, saling toleransi antar umat beragama kesadaran diri warga di Komplek GBI merupakan kunci munculnya rasa kebersamaan sebagai sesama warga , tidak bisa dihindari bahwa moderasi merupakan hal yang sangat startegis didalam sebuah lingkungan yang heterogen untuk menghantarkan seluruh warga disuatu lingkungan kesuasana yang harmonis. Sikap dan perilaku di Komplek Griya Bandung Indah sangat baik, kesadaran diri warga Komplek GBI merupakan kunci munculnya rasa kebersamaan sebagai sesama warga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Keberagamaan; Interaksi Sosial; Perilaku Keagamaan pada masyarakat pendatang
Subjects: Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Anisya Rahmatika
Date Deposited: 23 May 2023 03:45
Last Modified: 23 May 2023 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68344

Actions (login required)

View Item View Item