Nurazizah, Nadiyya (2023) Profil hasil belajar kognitif siswa melalui pembelajaran daring menggunakan GCR (Google Class Room) pada materi genetika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.docx.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Pembelajaran daring merupakan salah satu alternatif metode pembelajaran yang bisa memberikan tanggapan balik terhadap materi yang sudah disajikan.Penelitian ini bertujuan untuk 1) Melakukan analisa hasil belajar siswa melalui pembelajaran daring pada materi genetika, 2) Menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan, 3) Memberikan deskripsi mengenai respon siswa terhadap pembelajaran daring pada materi genetika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif metode survey tipe cross- sectional survey design. Cross-sectional survey design yaitu desain penelitian yang mengumpulkan data pada satu waktu kepada sampel. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi tes pilihan ganda pada materi perubahan gentika, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran daring pada materi genetika. Hasil penelitian memperlihatkan nilai rata-rata siswa adalah 83 dengan kategori baik sekali. Perbedaan hasil belajar ditemukan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa laki-laki yaitu 83,13 yang lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan yaitu 82,4. Nilai tertinggi rata- rata indikator hasil belajar siswa yaitu 0,92 yang terdapat pada indikator C2, Hal tersebut menunjukkan pemahaman siswa ketika pembelajaran daring pada materi genetika berada pada kualifikasi sangat baik dan untuk kemampuan identifikasi mengenai pengimplementasian menyelesaikan persoalan dengan strategi yang tepat, berada pada kualifikasi sangat baik juga. Respon siswa terhadap pembelajaran daring pada materi genetika sangat baik. Perbedaan jenis kelamin siswa (gender) bisa juga mengakibatkanperbedaan psikologi belajar siswa. Sehingga siswa laki-laki dan perempuan mempunyai banyak perbedaa, siswa laki-laki lebih baik dalam bidang sains. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki rata-rata nilai hasil belajar yang baik dan memberikan respon positif terhadap pembelajaran daring pada materi genetika ENGLISH : Online learning is an alternative learning method that can provide feedback on the material that has been presented. This research aims to1)Analyzing student learning outcomes through online learning on genetic material,2)Analyze differences in learning outcomes between male and female students, 3) Provide a description of student responses to online learning on genetic material.This type of research is a descriptive survey method with a cross-sectional survey design type. Cross-sectional survey design is a research design that collects data at one time for the sample. The instruments used in this study included multiple choice tests on genetic change material, and questionnaires on student responses to online learning on genetic material. The results showed that the average student score was 83 in the very good category.Differences in learning outcomes were found between male students and female students, with an average score of male students' learning outcomes, namely 83.13, which was higher than female students, namely 82.4.The highest average value of student learning outcomes indicators is 0.92 which is found in indicator C2,This shows that students' understanding when learning online on genetics material is in very good qualifications and for identification abilities regarding implementing problem solving with the right strategy, it is also in very good qualifications. Student response to online learning on genetic material is very good. Based on the results of the analysis it can be concluded that students have an average score of good learning outcomes and give a positive response to online learning on genetic material
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Classroom; Genetika; Hasil Belajar Kognitif; Pembelajaran Daring |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nadiyya Nurazizah Arifin |
Date Deposited: | 23 May 2023 07:24 |
Last Modified: | 23 May 2023 07:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68358 |
Actions (login required)
View Item |