Peran media sosial sebagai wadah aspirasi dalam Speak Up korban pelecehan seksual: Penelitian pada media sosial Instagram dan Twitter

Walidah, Marsha Qolby (2023) Peran media sosial sebagai wadah aspirasi dalam Speak Up korban pelecehan seksual: Penelitian pada media sosial Instagram dan Twitter. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Tindakan speak up di media sosial yang dilakukan oleh korban pelecehan seksual adalah fenomena sosial yang belakangan ini sedang menjadi salah satu perhatian besar dari masyarakat yang menggunakan media sosial. Hadirnya trend speak up korban pelecehan seksual di media sosial ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat akan pentingnya selalu berwaspada terhadap tindak kejahatan seksual dan membuat masyarakat juga pihak otoritas terkait lebih paham juga peduli terhadap isu pelecehan seksual, khususnya mengenai perilaku masyarakat terhadap korban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap latar belakang para korban pelecehan seksual melakukan speak up di media sosial. Penelitian ini juga berusaha untuk mengidentifikasi bentuk dan cara apa yang mereka gunakan dalam melakukan tindakan speak up-nya tersebut, dan mengenai persepsi pengguna media sosial non-korban dalam melihat fenomena speak up korban pelecehan seksual di media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tindakan Sosial dari Max Weber. Teori tersebut menjelaskan bahwa suatu individu maupun kelompok melakukan suatu tindakan didasarkan atas motif dan tujuan tertentu disertai juga dengan harapan-harapan yang ingin dicapai di dalamnya. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif-deskriptif. Dalam pengumpulan data, teknik yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data, digunakan metode deskriptif interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Tempat dari penelitian ini adalah di media sosial Instagram dan Twitter. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram dan Twitter cukup berdampak bagi para penggunanya terkait isu pelecehan seksual. Hal ini terlihat bahwa keduanya dapat memberikan edukasi terkait pelecehan seksual, dapat memvalidasi korban pelecehan seksual melalui tanggapan pada konten speak up para korban, responsifnya para pengguna Instagram dan Twitter terhadap trend speak up para korban di kedua media sosial tersebut, adanya ketidakpekaan para pihak yang berwenang dan Kominfo terhadap isu pelecehan seksual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Pelecehan Seksual; Speak Up
Subjects: Change
Social Interaction, Interpersonal Relations
Communications Telemunications
Adventure, Collected Accounts of Events
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Marsha Qolby Walidah
Date Deposited: 24 May 2023 02:27
Last Modified: 24 May 2023 02:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68390

Actions (login required)

View Item View Item