Peran organisasi mahasiswa daerah dalam meningkatkan solidaritas sosial : Studi pada organisasi daerah Keluarga Mahasiswa Lampung UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Cahyaningtyas, Bunga Maylisa (2023) Peran organisasi mahasiswa daerah dalam meningkatkan solidaritas sosial : Studi pada organisasi daerah Keluarga Mahasiswa Lampung UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa solidaritas sosial merupakan bagian yang penting dalam organisasi. Solidaritas menjadi pondasi untuk menjaga keutuhan dan keberlangsungan organisasi. Organisasi mahasiswa daerah Keluarga Mahasiswa Lampung UIN Sunan Gunung Djati merupakan organisasi dengan beranggotakan mahasiswa yang berasal dari Lampung. Dengan rasa senasib sepenanggungan sebagai mahasiswa yang merantau, solidaritas dibutuhkan diantara mereka. Solidaritas yang kuat dapat menciptakan keharmonisan, rasa nyaman, rasa kekeluargaan serta hubungan yang semakin erat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang mahasiswa bergabung dalam organisasi, peran organisasi mahasiswa daerah dalam meningkatkan solidaritas sosial, langkah-langkah atau upaya yang dilakukan dan faktor pendorong serta penghambat organisasi KEMALA UIN Sunan Gunung Djati dalam meningkatkan solidaritas sosial. Penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Menurut Parsons ada empat kebutuhan mutlak sistem sosial yang harus dipenuhi supaya tetap bertahan yaitu AGIL atau (A) adaption/adaptasi, (G) goal attainment/pencapaian tujuan, (I) intergration atau integrasi, dan (L) laten pattern maintenance atau pemeliharaan pola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Dimana data yang diperoleh melalui informan penelitian yaitu pendiri, alumni, pengurus, serta anggota organisasi KEMALA UIN Sunan Gunung Djati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa latar belakang mahasiswa bergabung dalam organisasi cukup beragam salah satunya adalah keinginan untuk berada dalam lingkungan yang sama dan membutuhkan keluarga di perantauan. Peran organisasi mahasiswa daerah dalam meningkatkan solidaritas sosial adalah organisasi mahasiswa daerah sebagai fasilitator atau sumber dukungan sosial bagi anggota, rumah diperantauan, dan tempat pengembangan diri. Langkah-langkah atau upaya dalam meningkatkan solidaritas sosial antar anggota dengan menanamkan kesadaran dan menjaga komunikasi antar anggota. Adapun faktor pendorong solidaritas adalah rasa senasib dan sepenanggungan, keikhlasan anggota, keterlibatan aktif anggota, dan komunikasi yang efektif. Adapun kesimpulannya bahwa dalam meningkatkan solidaritas, organisasi melakukan upaya melalui kegiatan-kegiatan yang dijalankan dan didukung dengan peran aktif atau partisipasi tiap elemen dalam organisasi. Dalam setiap kegiatan dan program organisasi memiliki peran penting dalam meningkatkan solidaritas sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Organisasi Mahasiswa Daerah;Solidaritas Sosial;Kemala UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Subjects: General Management > Organizations
General Management > Internal Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Bunga Maylisa Cahyaningtyas
Date Deposited: 24 May 2023 03:04
Last Modified: 24 May 2023 03:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68406

Actions (login required)

View Item View Item