Peran Puskesmas Sukarahayu dalam meningkatkan Ppartisipasi masyarakat untuk ikut melaksanakan vaksinasi Covid-19 : Studi penelitian di Unit Pelayanan Terpadu Daerah Puskesmas Sukarahayu Kecamatan Subang Kabupaten Subang

Padlyansyah, Andika Perdana (2023) Peran Puskesmas Sukarahayu dalam meningkatkan Ppartisipasi masyarakat untuk ikut melaksanakan vaksinasi Covid-19 : Studi penelitian di Unit Pelayanan Terpadu Daerah Puskesmas Sukarahayu Kecamatan Subang Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi covid-19 yang terjadi di Kecamatan Subang Kabupaten Subang. UPTD Puskesmas Sukarahayu Kecamatan Subang dalam hal ini mempunyai tugas untuk meminimalisir penyebaran covid-19 dengan melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat yang berada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sukarahayu. Akan tetapi dalam pelaksanannya banyak dari masyarakat tidak menggangap Covid-19 sebagai ancaman serius sehingga mereka enggan untuk mengikuti program Vaksinasi Covid-19. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peran dari Puskesmas Sukarahayu dalam menarik minat masyarakat untuk mengikuti program Vaksinasi Covid-19 dan bagaimana bentuk partisipasi masyakarat yang berada di wilayah kerja Puskesmas Sukarahayu untuk mengikuti program Vaksinasi Covid-19. Penelitian ini menggunakan Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons, dalam teori ini dijelaskan bahwa berbagai elemen dalam masyarakat saling bergantung satu sama lain dalam menjalankan fungsi sosial mereka. Korelasi penelitian ini terhadap Teori Struktur Fungsionalisme Talcott Parsons adalah untuk memahami perubahan sosial. Dimana dalam hal ini fungsi dari Puskesmas Sukarahayu dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan melakukan Vaksinasi Covid-19 kurang efektif karena kurangnyanya atensi dari masyarakat. Penelitian ini mengunakan Metode Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu Penanggung Jawab Bidang Vaksinasi Puskesmas Sukarahayu, Kepala Tata Usaha Puskesmas Sukarahayu Kecamatan Subang, Staff dokter dan masyarakat yang sudah di vaksin Covid-19. Adapun Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk Teknik Analisis Data berangkat dari data yang ada di Puskesmas Sukarahayu kemudian dilakukan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan terhadap data. Hasil penelitian menyatakan bahwa fungsi dari Puskesmas Sukarahayu sebelum diadakan program Vaksinasi berjalan kurang efekif untuk menarik minat masyarakat agar mengikuti Vaksinasi Covid-19. Masyarakat cenderung tidak begitu memahami bagaimana efektifitas vaksin yang bekerja didalam tubuh. Hal ini dikarenakan kurangnya edukasi yang merata keseluruh elemen masyarakat. Tetapi setelah diadakan program Vaksinasi, minat masyarakat untuk divaksin menjadi meningkat secara signifikan. Hal ini bisa dilihat dari partisipasi masyarakat yang mengikuti program Vaksinasi Covid-19 yang dilihat dari data hasil rekapitulasi cakupan Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Sukarahayu Kecamatan Subang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Vaksinasi; Covid-19; Partisipasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Public Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: andika perdana padlyansyah
Date Deposited: 25 May 2023 06:06
Last Modified: 25 May 2023 06:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68416

Actions (login required)

View Item View Item