Pemanfaatan Instagram @infokabupatenbandung sebagai media berita : Studi deskriptif mengenai pemanfaatan aplikasi Instagram dalam aktivitas Jurnalistik oleh media InfoKabupatenBandung

Agustine, Nadine Fatikha (2023) Pemanfaatan Instagram @infokabupatenbandung sebagai media berita : Studi deskriptif mengenai pemanfaatan aplikasi Instagram dalam aktivitas Jurnalistik oleh media InfoKabupatenBandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi khususnya berita. Kini, banyak media konvensional maupun media lainnya yang memanfaatkan Instagram sebagai media penyebaran informasi. Inovasi yang beragam di Instagram seperti, fitur yang menarik, mudah dijangkau, serta tampilan yang mudah dimengerti mampu menarik masyarakat untuk terus mengakses Instagram. Seperti yang dilakukan oleh InfoKabupatenBandung. InfoKabupatenBandung memanfaatkan Instagram sebagai media berita guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana InfoKabupatenBandung memanfaatkan Instagram sebagai media berita baik dari segi pemanfaatan fitur dalam mengunggah berita, karakteristik berita yang diunggah, hingga alasan InfoKabupatenBandung memanfaatkan Instagram untuk menyebarkan berita. Penelitian ini menggunakan Teori Difusi Inovasi. Teori ini merupakan teori komunikasi massa yang membahas mengenai proses sosial dalam mengkomunikasikan atau menyebarkan informasi tentang ide baru yang dipandang subjektif. Metode yang digunakan, metode deskriptif. Dengan paradigma penelitian kontruktivisme dan menggunakan pendekatan kualitatif. Serta teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, fitur Instagram yang digunakan dalam mengunggah berita yaitu, InstaStory, Feeds, Link Tautan, DM, Comment, Live, Reels, Caption, dan Hastag. Fitur-fitur tersebut efektif untuk menyampaikan pesan dalam suatu berita hingga menimbulkan interaksi, fitur tersebut digunakan semaksimal mungkin dengan menyesuaikan kebutuhan manusia dan penyebarluasan berita. Kedua, karakteristik berita dalam Instagram InfoKabupatenBandung harus bersifat netral, menarik, berimbang, aktual, tidak mengandung SARA, dan mematuhi Kode Etik Jurnalistik. Ketiga, alasan InfoKabupatenBandung memanfaatkan Instagram sebagai media berita yaitu, Instagram dianggap ideal melakukan branding, Instagram mampu memenuhi kebutuhan manusia hingga menimbulkan interaksi, mudah dijangkau, serta perubahan fungsi Instagram sebagai media informasi memudahkan masyarakat untuk memperoleh berita. Terdapat saran dari peneliti yang penting untuk diperhatikan yaitu, para praktisi media dapat memanfaatkan sejumlah perangkat multiplatform seperti Facebook, Twitter, Instagram, maupun WhatsApp sebagai perangkat media dalam kegiatan jurnalisme online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Instagram; Media; Berita
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nadine Fatikha Agustine
Date Deposited: 24 May 2023 07:42
Last Modified: 24 May 2023 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68446

Actions (login required)

View Item View Item