Pemanfaatan Twitter sebagai media berita dan informasi: Studi deskriptif pada akun Twitter Pikiran Rakyat FM (@PRFMnews)

Prakarsa, Muhammad Turfa (2023) Pemanfaatan Twitter sebagai media berita dan informasi: Studi deskriptif pada akun Twitter Pikiran Rakyat FM (@PRFMnews). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang menghasilkan keterbukaan informasi, di zaman modern seperti sekarang ini keberadaan internet telah banyak membawa pengaruh terhadap cara berkomunikasi, salah satunya memperoleh berita dan informasi melalui media online. Media online adalah media yang lazim dijumpai dalam memanfaatkan media sosial Twitter sebagai media penyebaran berita dan informasi, termasuk media online PRFM News. Menilik fungsi awal terbentuknya Twitter, bahwa Twitter adalah situs jejaring sosial yang digunakan sebagai sarana microblogging dengan dilengkapi fitur multimedia serta sebagai sarana berbagi ke sesama pengguna secara komunikatif dan interaktif. Seiring perkembangan waktu dan sebagai bentuk dari adaptasi teknologi, kini Twitter digunakan pula sebagai media dalam menyebarkan dan memperoleh berita serta informasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk pemaanfaatan Twitter oleh PRFM mulai dari ciri khas penggunaan fitur Twitter dalam penyebaran berita dan informasi oleh akun Twitter PRFM, karakteristik berita dan informasi dalam akun Twitter PRFM serta strategi penyebaran berita dan informasi oleh akun Twitter PRFM. Penelitian ini didasari oleh teori konstruksi sosial teknologi atau social construction of technology (SCoT) yang dipopulerkan oleh Bijker dan Pinch berasumsi bahwa teknologi tidak mendeterminasi (menentukan) tindakan manusia, namun sebaliknya, yaitu teknologi terbentuk untuk menyesuaikan kebutuhan manusia, hal tersebut memiliki relevansi dengan penelitian ini karena Twitter dapat dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan berita dan informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta paradigma penelitian konstruktivisme yang akan menghasilkan hasil penelitian deskriptif yang bersifat non numerik dari hasil pengumpulan data dengan teknik wawancara kepada Kepala Divisi Media Sosial PRFM dan Redaktur PRFM, studi dokumentasi dan pengamatan secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PRFM memanfaatkan media sosial Twitter dalam menyebarkan berita dan informasi melalui penggunaan fitur-fitur yang tersedia dengan menekankan aspek proximity dalam setiap penggunaan fiturnya, kemudian menciptakan pemberitaan yang memiliki keterhubungan dengan audiens, pemberitaan yang aktif, komunikatif, responsif dan interaktif serta memvisualisasikan berita melalui video-teks hingga gambar-teks. PRFM juga menerapkan citizen journalism sebagai bentuk implementasi dari identitasnya sebagai media berita lokal Bandung Raya sehingga menghasilkan pemberitaan yang real time dan tidak memiliki prime time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Twitter; Media; Berita; Informasi
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Turfa Prakarsa
Date Deposited: 25 May 2023 00:40
Last Modified: 25 May 2023 00:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68451

Actions (login required)

View Item View Item