Strategi pengelolaan berita situs bandung.go.id sebagai media pemberitaan : Studi deskriptif kualitatif pada situs bandung.go.id

Al-asy'ari, Rindang Setia (2023) Strategi pengelolaan berita situs bandung.go.id sebagai media pemberitaan : Studi deskriptif kualitatif pada situs bandung.go.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dipakai website bandung.go.id dalam pengelolaan beritanya. Dengan menggunakan konsep Four Step Public Relation, yaitu Planning (Perencanaan), Research/Fact Finding (Pencarian/Penemuan Fakta), Implementation/Communicating (Penerapan/Komunikasi) dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan melibatkan tiga narasumber, yaitu Kepala Seksi Penguatan Keterbukaan Informasi Publik, Information and Technology (IT) Support dan editor website bandung.go.id. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan (planning) berita website bandung.go.id ada tiga, yaitu agenda pimpinan, agenda setting dan juga permintaan dari instansi atau Dinas yang ingin diliput oleh bandung.go.id. Lalu pencarian (research) data berita website bandung.go.id melalui proses wawancara dengan narasumber untuk mendapatkan informasi yang menjadi bahan dalam berita di website bandung.go.id, selain wawancara, sebagai menunjang nilai beritanya menggunakan link terpercaya, misalnya dari Dinas-Dinas, Lembaga, dan lain-lain. Pembagian tugas peliputan (implementation) berita website bandung.go.id membagi tugas peliputannya secara acak, namun tetap sesuai dengan kemampuan masing-masing anggotanya. Tidak semua anggota ditugaskan untuk peliputan, ada kalanya diberikan waktu libur yang biasanya dihari Sabtu sampai Minggu, jadi pembagian tugasnya bergantian. Evaluasi (evaluation) berita website bandung.go.id diadakan setiap hari Jum’at, bareng dengan rapat agenda setting, yaitu seminggu sekali. Dalam evaluasi membahas seputar strategi yang dipakai, dan juga membahas seputar viewers yang didapatkan oleh website bandung.go.id. Website bandung.go.id memiliki strategi tersendiri dalam pengelolaan beritanya, yaitu pertama, kecepatan berita, karena tidak ada khalayak yang ingin membaca berita yang sudah tidak menarik perhatian lagi; kedua, ketepatan berita, selain mengutamakan kecepatan dalam mempublish sebuah berita, website bandung.go.id juga tetap memastikan isi berita tersebut sesuai fakta yang ada dilapangan, tidak ditambah-tambahkan maupun dikurang-kurangi, sebab website bandung.go.id ialah website resmi Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandung, jadi ketepatan berita menjadi hal yang terpenting juga; dan yang ketiga, mempromosikan di media sosial Humas Kota Bandung dan media sosial Diskominfo Kota Bandung, karena dengan mempromosikan link website bandung.go.id pada media sosial, bisa menambah viewers untuk website bandung.go.id.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengelolaan; Website; Berita
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rindang Setia Al-asy'ari
Date Deposited: 25 May 2023 05:55
Last Modified: 25 May 2023 05:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68506

Actions (login required)

View Item View Item