Hoerudin, Cecep Wahyu (2021) Dinamika sistem kebijakan Pendidikan Bahasa Indonesia dan implementasinya dalam pembelajaran di kelas. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintah dan Politik, 4 (3). pp. 20-29. ISSN 2715-0186
|
Text
11_ - Cecep Wahyu Hoerudin - Ind - artikel.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
11_ - Cecep Wahyu Hoerudin - Ind_turnitin.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki olehnya, maka manusia memerlukan pendidikan melalui proses pembelajaran. Bahasa merupakan bagian yang sangat penting dari pendidikan, karena fungsinya yang menjadi alat komunikasi dan pengantar dalam dunia pendidikan. Oleh karenanya, agar memiliki kontribusi terhadap tujuan dari pendidikan nasional, serta optimalnya implementasi dari pendidikan bahasa, maka kebijakan yang berada di dalam pendidikan bahasa wajib untuk dapat dirumuskan dengan sifat yang visioner serta komprehensif. Namun, penggunaan bahasa Indonesia perlu diakomodasi oleh kebijakan pendidikan secara proporsional. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang bersumber dari berbagai penelitian dan studi terdahulu. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa perancangan bahasa sebagai upaya pembinaan bahasa ke arah yang lebih maju meliputi tiga proses, yaitu desain, implementasi dan evaluasi. Di negara Indonesia, maka tentunya bahasa negara dan bahasa nasional dimiliki oleh bahasa Indonesia saja.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Bahasa Indonesia; Kebijakan Pendidikan. |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Doktor Cecep Wahyu Hoerudin |
Date Deposited: | 26 May 2023 06:20 |
Last Modified: | 26 May 2023 06:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68540 |
Actions (login required)
View Item |