Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata dan relevansinya dengan mata pelajaran PPKn di MI

Rogayah, Novianti Siti (2022) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata dan relevansinya dengan mata pelajaran PPKn di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya efek negatif dari perkembangan arus teknologi yang membuat goyahnya jati diri bangsa. Hilangnya jati diri bangsa berarti lemahnya komitmen dan karakter suatu bangsa. Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya penanaman pendidikan karakter. Karena karakter yang baik tidak akan terwujud pada seseorang tanpa adanya pembinaan, pembelajaran dan pendidikan yang dilakukan. Pendidikan karakter di sekolah bisa didapatkan dari mata pelajaran PPKn. Mata Pelajaran PPKn berpijak pada empat pilar kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sebelas Patriot dan mendeskripsikan relevansinya dengan materi pembelajaran PPKn di MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi/konten analisis. Data primer yang digunakan adalah novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata. Adapun teknis pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumen analisis dengan beberapa tahap yaitu, membaca novel secara menyeluruh, menandai, mencatat dan mengklasifikasikan berdasarkan delapan belas butir nilai pendidikan karakter. Selanjutnya, teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) Nilai-nilai karakter dalam novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata terdapat 18 nilai karakter yaitu, karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis,rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan anggung jawab. 2) Relevansi nilai pendidikan karakter pada novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata sangat berkesinambungan. Nilai pendidikan karakter yang ada pada novel Sebelas Patriot berkaitan dengan isi teks Pancasila dan dengan materi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MI. Nilai pendidikan karakter yang relevan dengan isi teks Pancasila yaitu nilai religius, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai toleransi, nilai menghargai prestasi, nilai disiplin, demokratis, dan nilai tanggung jawab. Kemudian ada sembilan nilai pendidikan karakter yang relevan dengan materi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang sesuai dengan KI KD, yaitu nilai religius, jujur, toleransi, mandiri, cinta tanah air, semangat kebangsaann kerja keras, bersahabat, disiplin, dan peduli sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Novel Sebelas Patriot; Andrea Hirata; PPKn; MI
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novianti Siti Rogayah
Date Deposited: 30 May 2023 06:43
Last Modified: 30 May 2023 06:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68554

Actions (login required)

View Item View Item