Hoerudin, Cecep Wahyu (2022) Implementasi Model Tipologi Interaksi untuk meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis online. Research and Development Journal of Education, 8 (1). pp. 2406-9744. ISSN 2406-9744
|
Text
17_ - Cecep Wahyu Hoerudin - Ind - Artikel.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
17_ - Cecep Wahyu Hoerudin - Ind_Turnitin.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda dengan pembelajaran dalam bidang ilmu lain, karena pembelajaran bahasa menuntut untuk mengkombinasikan empat kemampuan sekaligus, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis implementasi model tipologi interaksi untuk meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis online. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang berasal dari wawancara dengan lima responden pengajar bahasa Indonesia, dan berbagai penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pengajar yang menjadi responden penelitian telah menerapkan tiga aspek utama dalam model tipologi interaksi, yaitu interaksi antar siswa, interaksi siswa dengan guru dan interaksi antara siswa dengan materi pembelajaran. Diantara tiga aspek yang diimplemetasikan, aspek yang paling berperan adalah interaksi antara siswa dengan guru beserta interaksi antar siswa. Dalam pembelajaran online, interaksi sangat dibutuhakan untuk tetap menjaga motivasi siswa dalam pembelajaran namun dalam praktiknya masih terdapat berbagai masalah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Online; Pandemi Covid-19; Interaksi; Bahasa Indonesia |
Subjects: | Public Administration > Research, Related Topics Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Doktor Cecep Wahyu Hoerudin |
Date Deposited: | 26 May 2023 07:07 |
Last Modified: | 26 May 2023 07:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68577 |
Actions (login required)
View Item |