Hoerudin, Cecep Wahyu (2022) Tren Media Sosial Youtube dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar. Insan Kamil: Jurnal Pendidikan Islam, 1 (2). pp. 1-7. ISSN 2964-9382
|
Text
19_ - Cecep Wahyu Hoerudin - Ind 1 - artikel.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
19_ - Cecep Wahyu Hoerudin - Ind 1_Turnitin.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial dalam perubahan perilaku siswa., untuk mengetahui perilaku belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh pengguanaan media sosial terhadap perilaku belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa SDN Bojongkihiang. Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metode yang di gunakan penulis yaitu metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah Siswa SDN Bojongkihiang Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Jenis data yang dikumpulkan untuk memecahkan permasalahan di atas adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif bersumber dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil menelaah literatur. Sedangkan data kauantitatif bersumber dari sejumlah responden yang telah ditetapkan sebagai sampel penelitian. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primernya adalah Siswa SDN Bojongkihiang Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung dan guru. Sedangkan data sekundernya adalah buku-buku, majalah dan artikel yang berhubungan dengan masalah yang penulis teliti. Sedangkan pengolahan datanya mengunakan SPSS 17.0 for Windows. hasil penelitian menunjukan 50% dari responden sering membuka aplikasi youtube, dari total respoden sebnayak 54. Kebanyakan responden membuka youtube untuk mencari materi belajar atau tugas dari sekolah, menonton vidio atau konten dari para youtuber terkenal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media sosial; youtube; prestasi belajar. |
Subjects: | Use of Other Information Media Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Doktor Cecep Wahyu Hoerudin |
Date Deposited: | 26 May 2023 06:29 |
Last Modified: | 26 May 2023 06:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68583 |
Actions (login required)
View Item |