Tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran Fiqih bab Wudhu hubungannya dengan pengamalan praktik Wudhu mereka : Penelitian pada siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Miftahurrahmah

Fauzi, Ikhsanul (2021) Tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran Fiqih bab Wudhu hubungannya dengan pengamalan praktik Wudhu mereka : Penelitian pada siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Miftahurrahmah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Miftahurrahmah . Di satu sisi, siswa mengikuti proses pembelajaran fiqih secara optimal, termasuk materi fiqih bab wudu. Mestinya, mereka menunaikan praktik wudhunya pun secara optimal pula. Namun pada kenyataannyadi lain sisi masih ditemukan siswa yang belum optimal dalam praktik pengamalan wudu nya baik dalam bacaannya maupun dalam gerakannya. Timbullah persoalan mengapa hal tersebut terjadi ? bagaimana tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran fiqih bab wudu ? bagaimana pengamalan praktik wudu siswa ? dan bagaimana hubungan antara keduanya ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran fiqih bab wudhu di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Miftahurrahmah; 2) Realitas pengamalan praktik wudhu siswa di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Miftahurrahmah; 3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran fiqih bab wudhu dengan pengamalan praktik wudhu mereka. Penelitian ini di asumsikan bahwa pengamalan praktik wudhu memiliki keterkaitan dengan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran fiqih bab wudhu di madrasah. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa semakin positif tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran fiqih bab wudhu, maka akan semakin positif pula pengamalan praktik wudhu mereka di madrasah. Begitupun sebaliknya. Untuk menguji hipotesis tersebut diadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawncara, observasi dan studi kepustakaan. Alat analisis yang digunakan adalah pendekatan statistik korelasional. Penyebaran angket ditujukan kepada 20 0rang responden. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) Tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran Fiqih bab wudhu diperoleh nilai 4.43. Nilai tersebut berkategori tinggi karena berapa pada interval 3.5 – 4.5; 2) Pengamalan praktik wudhu siswa diperoleh angka 4.59. Angka tersebut berkategori sangat tinggi karena berada pada interval 4.5 – 5.0; 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran fiqih bab wudhu kelas VII MTs Miftahurrahmah denganpengamalan praktik wudhu siswa diperoleh angka koefisien korelasi 0.52 yang berkategori sedang karena berada pada interval 0.40 – 0.70. Berdasarkan hasil uji product moment, pengaruhnya terhadap pengamalan praktik wudhu siswa dipandang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Proses Pembelajaran; Fiqih; Wudhu; Pengamalan Praktik Wudhu Mereka
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ikhsanul Fauzi
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:39
Last Modified: 05 Jun 2023 03:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68587

Actions (login required)

View Item View Item