Inisiatif partisipasi sosial dalam mengatasi anak putus sekolah: Studi kasus pada jaringan kerja dan kolaborasi antara lembaga pemerintah, LSM, dan masyarakat sipil di Indonesia

Supriatna, Encup (2023) Inisiatif partisipasi sosial dalam mengatasi anak putus sekolah: Studi kasus pada jaringan kerja dan kolaborasi antara lembaga pemerintah, LSM, dan masyarakat sipil di Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17 (3). pp. 1512-1524. ISSN 2621-0681

[img]
Preview
Text
17_ - Encup Supriatna - Ind.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17_ - Encup Supriatna - Ind_Turnitin.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qal...

Abstract

Permasalahan putus sekolah di Indonesia memerlukan tindakan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu, salah satu inisiatif yang dapat dilakukan adalah membentuk jaringan kerja dan kolaborasi antara lembaga pemerintah, LSM, dan masyarakat sipil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengidentifikasi kontribusi dan efektivitas inisiatif partisipasi sosial dalam mengatasi permasalahan putus sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan kerja dan kolaborasi tersebut meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat, memperkuat kapasitas dan sumber daya, serta mempercepat pencapaian tujuan bersama. Penelitian ini menunjukkan bahwa inisiatif partisipasi sosial ini dapat lebih efektif jika didukung oleh dukungan keuangan dan teknis dari pemerintah serta melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan tentang pendidikan dan putus sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: inisiatif partisipasi sosial; jaringan kerja dan kolaborasi; putus sekolah; kesadaran masyarakat; kapasitas dan sumber daya.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process > Social Control
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Encup Supriatna
Date Deposited: 30 May 2023 01:35
Last Modified: 30 May 2023 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68613

Actions (login required)

View Item View Item