Pengaruh Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) terhadap belanja daerah di Pemerintahan Kota Bandung tahun anggaran 2016-2021

Nuryani, Siti (2023) Pengaruh Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) terhadap belanja daerah di Pemerintahan Kota Bandung tahun anggaran 2016-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak .pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isii.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan keuangan Pemerintahan Kota Bandung yang mengalami ketidakstabilan di setiap tahunnya. Dari beberapa tahun kebelakang terdapat perkembangan keuangan yang tinggi sehingga menimbulkan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA). Adapun perkembangan keuangan yang bernilai negatif, yaitu pada tahun 2018 diangka -61 dan pada tahun 2019 sebesar -1. Terjadinya SILPA yang naik turun ini dilihat dari sisi pendapatan disebabkan oleh realisasi pendapatan asli daerah (PAD) yang selalu melebihi anggaran APBD, realisasi dana perimbangan yang naik turun terutama pada dana bagi hasil di periode akhir, dan penerimaan daerah yang lain selalu melampaui rencana. Sedangkan untuk perkembangan yang bernilai negatif itu bisa dilihat dari pengeluaran disebabkan oleh adanya tambahan alokasi pengiriman dana tambahan untuk pemerintahan pusat atau provinsi yang tidak terencana sebelumnya di pertengahan tahun anggaran. Dengan adanya persoalan tersebut menunjukkan Pemerintahan Kota Bandung yang kurang mempunyai perencanaan yang lebih matang pada pengelolaan anggaran, oleh karena itu perlu adanya perbaikan pengelolaan anggaran untuk mengatasi persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) terhadap Belanja Daerah Pemerintahan Kota Bandung dengan menggunakan teori dari Mahmudi (X) yang terdapat dua dimensi diantaranya : surplus/defisit dan realisasi pendapatan dan Pambudi Triwidodo (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang bersumber dari dokumen yang diambil dari Badan Pengelolaan Keungan Dan Aset Daerah Kota Bandung berupa Laporan Realisasi Anggaran Tahun 2016-2021. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) berpengaruh positif terhadap Belanja Daerah karena sisa anggaran ini pada akhir tahun diindikasikan sebagai sumber pendanaan belanja daerah. Oleh karena itu, menunjukan bahwa semakin besar sisa anggaran maka belanja daerah juga akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran;Belanja Daerah;Pemerintah Daerah
Subjects: Public Administration
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Siti Nuryani
Date Deposited: 29 May 2023 01:36
Last Modified: 29 May 2023 01:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68624

Actions (login required)

View Item View Item