Model komunikasi dakwah Digital MQTV : Penelitian di MQTV Daarut Tauhiid Gegerkalong

Hakim, Ujang Nur (2023) Model komunikasi dakwah Digital MQTV : Penelitian di MQTV Daarut Tauhiid Gegerkalong. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB 1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
10_SURAT PERNYATAAN ORISINILITAS TESIS.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

MQTV diselenggarakan untuk memajukan bangsa, mulai dari penyiaran, bahkan program iklan, yang sebenarnya merupakan bagian dari solusi dan meningkatkan moral bangsa. Program tersebut dihadirkan untuk hiburan, pendidikan, dan sekaligus menenangkan. Misalnya pengajian Al-Quran dengan bahasa Sunda di, talk show, sinetron dan animasi khas MQTV (Management Qolbu Televisi) dapat bersinergi dengan media internal meskipun memiliki segmen dan cakupan berbeda. Saat ini banyak orang mengkritik tintinan televisi dengan acara yang kurang mengandung nilai – nilai moral pendidikan dan keagamaan. Dalam hal ini tentu dikaitkan dengan model Komunikasi Dakwah secara digital yang semakin melesat terutama media televisi Daarut Tauhid.. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana model komunikasi dakwah digital di MQTV Daarut Tauhid Gegerkalong Tujuan penelitian yang pertama untuk mengetahui model komunikasi dakwah digital di MQTV Daarut Tauhid Gegerkalong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Deskripsi dan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini disimpulkan, bahwa 1) Model komunikasi dakwah di MQTV memiliki tiga kategori diantaranya; pertama, model hard Dakwah, diantaranya model siaran program Meraih cinta Allah, Model Siaran Ustad Jaga, model soft dakwah diantaranya model Traveling dan model siaran Short Telemovie dan model entertainment dakwah diantaranya model Siaran program Magrib Mengaji, model siaran Tadwidan, dan model siaran tadabur Al-Qur’an. 2) Peluang Komunikasi Dakwah digital MQTV dengan model Kedekatan emosional dengan pemirsa karena MQTV yang memiliki ciri khas tersendiri dalam penyampaian komunikasi dakwah. Peluang yang terus dikembangan dalam pembentukan karakteristik hidup Manusia. Peluang kecanggihan media dalam pengelolaan komunikasi dakwah digital MQTV dalam pengemasannya melalui program-program siaran yang Islami. MQTV masih menggunakan TV analog dan menjuju ke TV digital. 3) Tantangan Model Komunikasi dakwah digital MQTV memiliki beberapa tantangan diantaranya: pertama permasalahan Anggaran (Budgeting), Manajemen Waktu,kapasitas Da’i dan juga tantangan kearag yang lebih global yang dihadapi selama ini dengan beberapa media digital yang ada di Indonesia khususnya di jawa Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model komunikasi; dakwah; dakwah digital; media massa
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UJANG NUR HAKIM
Date Deposited: 29 May 2023 05:06
Last Modified: 29 May 2023 05:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68657

Actions (login required)

View Item View Item