Pengelolaan sains dan teknologi di pesantren

Aripin, Jenal and Irawan, Irawan and Priatna, Tedi (2023) Pengelolaan sains dan teknologi di pesantren. Pengelolaan Sains dan Teknologi di Pesantren, 5 (2). pp. 378-386. ISSN 2716-4683

[img]
Preview
Text (ARTIKEL)
document (2).pdf

Download (294kB) | Preview
Official URL: https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/jdi/artic...

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sains dan teknologi pada pesantren. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalahkualitatif. Penelitian ini merupakan studi lapanganmendapatkan data yang komprehensif serta memperhatikan keterkaitan antara data dengan fokus serta tujuan penelitian, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu (1) wawancara, (2) observasi: (3) penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaansains dan teknologi di pesantren tidak bisa ditolak.Kehadiran sains dan teknologi di pesantren bisa memberikan manfaat lebih, lantaran selain mendapatkan sentuhan ilmu pengetahuan non agama dan teknologi, para santri juga memiliki pendalaman agama yang baik. Sains dan teknologi juga bisa menjadi kunci kebangitan dalam keberhasilan agama. Maka pesantren harus bersiap untuk menghadapinya. Bahkan ada beberapa pesantren yang telah berinteraksi dengan sains dan teknologidi pesantren, bahkan keduanya sangat mempengaruhi corak pendidikan, salah satunya Pesantren Sains (Trensains) Tebuireng. Santri diajak untuk belajar agama (Alquran) sekaligus mengkaji ayat-ayat kauniyah yang terkandung di dalamnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengelolaan; sains; teknologi; pesantren
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tedi Priatna
Date Deposited: 29 May 2023 04:31
Last Modified: 29 May 2023 04:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68678

Actions (login required)

View Item View Item