Hubungan peran orang tua sebagai fasilitator dengan peningkatan hasil belajar peserta didik

Syaleh, Witry Ridha (2022) Hubungan peran orang tua sebagai fasilitator dengan peningkatan hasil belajar peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_BAB5.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan anak, khususnya pada proses belajar anak sehingga hasil belajar yang anak dapat merupakan hasil yang telah disebabkan oleh beberapa faktor. Banyakanya orang tua yang tidak memahami seberapa pentingnya peran mereka dalam keberlangsungan belajar anak, terutama perannya sebagai fasilitator dalam pembelajaran anak. Perannya sebagai fasilitator sangatlah memiliki andil yang besar dalam keberlangsungan belajar anak. Semakin anak difasilitasi dalam pembelajaran oleh orang tua anak akan semakin termotivasi dan dapat meningkatkan prestasi belajar anak. Orang tua juga kadang lupa, andilnya mereka dalam keberlangsungan belajar anak maka orang tua akan sangat memahami dan menyaksikan tumbuh kembang anak selama mengenyam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua sebagai fasilitator terhadap hasil belajar anak, untuk mengetahui hasil belajar anak dan untuk mengetahui hubungan peran orang tua sebgai fasilitator terhadap hasil belajar peserta didik kelas III C SD Muhammadiyah 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif terhadap 26 peserta didik di kelas III C SD Muhammadiyah 3 Bandung. Data hasil penelitian diperoleh dari angket/kuesioner yang bersumber dari orang tua peserta didik dan hasil belajar peserta didik serta diolah menggunakan SPSS for Windows 24.0, observasi serta dokumentasi sebagai penunjang dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas serta uji hipotesis korelasi person product moment. Hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov yaitu diperoleh nilai Kolmogrov-Smirnov yaitu 0.190 > 0.05 dan hasil belajar peserta didik 0.200 > 0.05 yang berarti kedua variabel berdistribusi normal karena nilai Kologrov-Smirnov lebih besar dari 0.05. Hasil peneltian menunjukkan bahwa: peran orang tua sebagai fasilitator dengan hasil belajar peserta didik tidak ada hubungan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari hasil koefisien korelasi person product moment dengan bantuan SPSS for Windows 24.0 dengan nilai signifikasi sebesar 0.888 (p > 0.05) dengan person corelation sebesar -0.029 yang terletak diantara 0.00 – 0.199 maka korelasi antara kedua variabel dinyatakan tidak ada hubungan anara peran orang tua sebagai fasilitator dengan hasil belajar peserta didik di kelas III SD Muhammadiyah 3 Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fasilitator; Hubungan; Peran Orang Tua
Subjects: Education, Research
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Witry Ridha Syaleha
Date Deposited: 29 May 2023 07:59
Last Modified: 29 May 2023 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68720

Actions (login required)

View Item View Item