Aspek-aspek ilmu Ma'ani dalam kitab tafsir Al-Tahrir wa Al-Tanwir karya Ibn 'Asyur : Studi analisis deskriptif pada Qur'an surat Yasin

Rosyadi, Aeni (2019) Aspek-aspek ilmu Ma'ani dalam kitab tafsir Al-Tahrir wa Al-Tanwir karya Ibn 'Asyur : Studi analisis deskriptif pada Qur'an surat Yasin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Alquran merupakan mu’jizat terakhir yang diperuntukkan semua manusia di muka bumi ini syarat dengan susunan tuturan kebahasaan yang tinggi, baik dari segi sastera maupun isinya. Dari Alquran melahirkan berbagai disiplin ilmu baik ilmu agama, politik, sosial, kebahasaan, dan lain-lain. Dari segi ilmu kebahasaan, melahirkan 13 ilmu yaitu ilmu sharaf (pembentukan kata), ilmu i’rab/nahwu (perubahan akhir kalimat), ilmu ‘arudh, ilmu qawafi, ilmu balaghah (bayân, badî’ dan ma’âni), ilmu lughah (matan lughah), ilmu isytiqaq, qardh syi’ri, ilmu insya’ (karang mengarang), ilmu khitabah dan tarikh adab (sejarah kesusasteraan). Ilmu ma’ani adalah salah satu disiplin ilmu dari 13 disiplin ilmu bahasa arab. Ilmu ini berfungsi sebagai alat untuk menafsirkan Alquran dan terdapat pula dalam kitab tafsir karya Ibn ‘Asyur. Peneliti memfokuskan kajiannya pada Quran Surat Yasin. Fokus masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah menemukan aspek-aspek ilmu ma’ani yang terdapat dalam kitab Tafsir al-Tahrîr wa al-Tanwîr pada Surat Yasin. Pendekatan atau metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan analisis deskriptif seputar aspek-aspek ilmu ma’ani yang terdapat pada surat Yasin pada kitab Tafsir al-Tahrîr wa al-Tanwîr. Kesimpulan penelitian ini bahwa yang dijelaskan oleh Ibn ‘Asyur mengenai penafsiran surat Yasin dengan pendekatan ilmu ma’ani adalah kalam khabari dengan beberapa bentuk dan tujuan yaitu kalam khabari lazim al-faidah, bentuk-bentuk kalam khabar yaitu qashr, washl, fashl, ithnâb, îjâz juga kalam insyâ’i yaitu bentuk-bentuknya antara lain: istifhâm, nidâ’ dan nahy yang masing-masing terdapat penyimpangan makna. Tujuan konteks ayat yang dikandung dalam setiap kalam terdiri dari menyamarkan sesuatu pada selain pendengarnya, janji Allah, memperteguh hati mukhathab, perintah kepada mukhathab untuk memberi peringatan celaan, ancaman hinaan dan ejekan terhadap orang-orang Quraisy yang tidak beriman, memberi nasehat dan bimbingan kepada mukhathab (Nabi), keingkaran dan ancaman, celaan, ejekan orang musyrik Quraisy atas risalah nabi, penyesalan orang-orang musyrik Quraisy, perintah beribadah kepada Allah dan menunjukkan keagungan Allah, melemahkan orang munafik bertujuan membentuk sesuatu dan penolakan atas sitem keyakinan orang musyrik dan munafik Quraisy dan pensucian Allah dari keyakinan mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Balaghah; Asep ilmu ma'ani; Kitab Tahir wa Tanwir
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tafsir Hadits
Depositing User: Aeni Rosyadi
Date Deposited: 30 May 2023 08:55
Last Modified: 30 May 2023 08:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68723

Actions (login required)

View Item View Item