Hubungan sikap tauhid terhadap kesadaran beragama narapidana pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung

Angraeni, Intan Fitri (2023) Hubungan sikap tauhid terhadap kesadaran beragama narapidana pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Dalam agama Islam kejahatan sangat dilarang bahkan sampai mendapat ganjaran baik secara fisik maupun batin. Seperti halnya kasus pencurian, maraknya kasus pencurian di berbagai manca negara mengakibatkan angka kejahatan atau kriminalitas di seluruh dunia meningkat pesat. Pentingnya mempelajari agama karena dapat mengantarkan manusia selamat di dunia dan akhirat. Sejauhmana seseorang beramal mengikut ajaran agama, maka hidupnya akan terarah, tenang dan terhindar dari kegelisahan. Tauhīd itu kunci yang menentukan diterima atau tidaknya amal seseorang. Sempurna tidaknya amal seseorang bergantung pada tauhīdnya. Oleh karena itu tingkatan tauhīd atau keimanan seorang kepada Tuhannya menjadi landasan seseorang dalam kesadaran beragama narapidana pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sikap tauhīd narapidana pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung, untuk mengetahui kondisi kesadaran beragama narapidana pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung, serta untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan sikap tauhīd terhadap kesadaran beragama narapidana pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung. Teori sikap tauhīd yang digunakan dalam penelitian ini menurut Muhammad Taqi Misbah Yazdi. Adapun untuk kesadaran beragama menggunakan teori menurut Abraham Maslow. Hipotesis yang diajukan yaitu jika H0 ditolak maka Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap tauhid dengan kesadaran beragama narapidana pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode analisis korelasi yang bertujuan untuk menunjukkan sejauh mana keterkaitan antara hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada 38 narapidana pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bandung. Berdasarkan data yang sudah diolah, penelitian ini medapatkan hasil secara keseluruhan, sikap tauhīd pada narapidana kasus pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung ini tergolong sedang dengan persentase sebesar 65,8%, dan gambaran untuk kesadaran beragama pun sama dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 53%. Adapun pada uji korelasi dan uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukan bahwa hasil dari hipotesis diterima dikarenakan nilai signifikansinya < 0,05, thitung > ttabel dan Fhitung > Ftabel. Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan secara bersama-sama antara sikap tauhīd dengan kesadaran beragama narapidana pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap Tauhīd; Kesadaran Beragama; Narapidana;
Subjects: Buildings for Religious Architecture
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Intan Fitri Angraeni
Date Deposited: 30 May 2023 01:53
Last Modified: 30 May 2023 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68731

Actions (login required)

View Item View Item