Kontribusi program kader posyandu dalam mengatasi Stunting pada anak balita : Penelitian tentang sosialisasi program posyandu di Desa Bojong Manggu Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung

Meliana, Nina (2023) Kontribusi program kader posyandu dalam mengatasi Stunting pada anak balita : Penelitian tentang sosialisasi program posyandu di Desa Bojong Manggu Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan anak sehingga mengakibatkan tingginya angka stunting. Hal tersebut diakibatkan karena kesibukan para orangtua sebagai pekerja buruh pabrik, sehingga tidak ada waktu untuk datang ke posyandu serta pola pengasuhan yang salah juga berdampak pada pertumbuhan anak balita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan program kader posyandu dalam meningkatkan kesehatan warga masyarakat khususnya pada anak balita. Serta bagaimana partisipasi warga masyarakat dalam kegiatan posyandu sehingga berdampak pada keberhasilan program dalam mengatasi kesehatan pada anak balita. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan melalui observasi dan wawancara mendalam kepada warga masyarakat Desa Bojong Manggu. Teknik penentuan informan melalui purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori konstruksi sosial Peter L Berger, yang dimana Berger memandang masyarakat pada tiga proses tahapan yaitu eksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi. Teori konstruksi realitas sosial Peter L Berger ini penting untuk kader posyandu dalam melakukan sosialisasi, diskusi, penyuluhan, menggencarkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk berbagai program dalam mengatasi stunting pada anak balita. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan kader posyandu dalam mengatasi stunting yaitu melakukan berbagai program salah satunya menekankan pada aplikasi elsimil sebagai dasar penanganan stunting. Serta program unggulan kader Desa Bojong Manggu yaitu mengganti bahan pokok makanan dengan sorgum. Kader posyandu melakukan sosialisasi berbagai program dengan baik sehingga dapat diterima oleh warga masyarakat. Dengan adanya respon yang baik dari warga masyarakat terhadap program posyandu menjadi salah satu faktor pendukung dalam pencapaian tujuan. Sehingga hal tersebut menjadi satu kesatuan dalam pencapaian tujuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kader; Posyandu; Stunting; Warga Masyarakat
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nina Meliana
Date Deposited: 30 May 2023 01:55
Last Modified: 30 May 2023 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68733

Actions (login required)

View Item View Item