Pengaruh piutang Murabahah dan piutang Istihna'terhadap total aset di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. periode 2013-2021

Hermawan, Nadi (2023) Pengaruh piutang Murabahah dan piutang Istihna'terhadap total aset di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. periode 2013-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Bank Syariah menawarkan produk keuangan yang sangat beragam dalam memenuhi kebutuhan pribadi maupun bisnis di masyarakat. Sebagai bank dengan orientasi profit, bank syariah berfokus dalam memperoleh keuntungan dengan prinsip syariah sebesar-besarnya. Sebagai bank yang juga mencari keuntungan, bank syariah berusaha untuk memaksimalkan keuntungan namun tetap harus sesuai dengan prinsip syariah. Instrumen modal kerja dengan menerapkan akad murabahah dan istishna oleh Bank Syariah menjadi salah satu instrumen keuangan yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan syariah untuk melakukan pembiayaan. Piutang murabahah dan piutang istishna memiliki arah yang sama yaitu berpengaruh positif terhadap total aset. Pembiayaan dalam akad murabahah dan istishna’ akan menentukan besarnya keuntungan bank. Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Tujuan pertama adalah mengetahui pengaruh piutang murabahah terhadap total aset Bank Muamalat Indonesia yang ditinjau secara parsial. Tujuan kedua adalah mengetahui pengaruh piutang istishna’ terhadap total aset Bank Muamalat Indonesia yang ditinjau secara parsial. Tujuan ketiga adalah mengetahui pengaruh piutang murabahah dan piutang istishna’ terhadap total aset Bank Muamalat Indonesia yang ditinjau secara simultan. Piutang adalah salah satu aktiva dalam neraca perusahaan dimana timbul dari penjualan jasa dan barang atau pemberian cicilan kepada debitur yang pembayarannya biasanya bersifat jangka pendek. Pendaftaran piutang pada perusahaan yang menggunakan prinsip syariah dapat dilakukan sebagaimana pendaftaran piutang murabahah atau piutang istishna’. Piutang murabahah dan piutang istishna’ merupakan salah satu unsur dari aset lancar bank syariah. Kedua piutang tersebut akan berpengaruh terhadap jumlah atau total aset yang didapatkan oleh bank syariah. Kerangka pemikiran pada penelitian terdiri dari dua variabel bebas (piutang murabahah dan istishna’) serta satu variabel terikat (total aset).Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitif yang meliputi data piutang murabahah, piutang istishna’, dan data total aset di PT. Bank Muamalat Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini adalah piutang murabahah dan piutang istishna’. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah total aset.Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan. Kesimpulan pertama yaitu piutang murabahah memiliki hubungan pengaruh dengan total aset di PT. BMI. Kesimpulan kedua yaitu piutang istishna’ memiliki hubungan pengaruh dengan total aset di PT. BMI. Kesimpulan ketiga yaitu piutang murabahah dan piutang istishna’ memiliki hubungan pengaruh dengan total aset di PT. BMI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Piutang Murabahah; Piutang Istishna’; Total Aset;
Subjects: Accounting > Cost Accounting
General Management > Financial Management
General Management > Managerial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nadi Hermawan
Date Deposited: 30 May 2023 04:44
Last Modified: 30 May 2023 04:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68758

Actions (login required)

View Item View Item