Pelestarian nilai - nilai kebudayaan di lingkungan Perkotaan : Studi kasus pada Mahasiswa pendatang di lingkungan Universitar Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Akbar, Moh Ridwan (2023) Pelestarian nilai - nilai kebudayaan di lingkungan Perkotaan : Studi kasus pada Mahasiswa pendatang di lingkungan Universitar Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap prilaku sosial dan budaya dari mahasiswa pendatang dalam beradaptasi di lingkungan kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dengan jati diri dan pembawaan yang berbeda sesuai dengan daerah asal mereka. Perbedaan latar belakang pada diri mahasiswa ini terkadang membawa pemasalahan tersendiri dalam lingkungan sosial yang berujung terhadap konflik sosial ataupun batin. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apa saja nilai kebudayaan yang dibawa mahasiswa pendatang ke lingkungan Kampus UIN Bandung 2) untuk mengetahui karakteristik masyarakat kota yang mempengaruhi nilai kebudayaan mahasiswa pendatang 3) mengetahui upaya pelestarian nilai-nilai kebudayaan yang dilakukan mahasiswa pendatang di lingkungan kampus UIN Bandung. Mahasiswa pendatang membawa latar belakang kebudayaan yang tidak sama dengan kebudayaan yang akan di tempati nanti, hal ini tentu membawa dampak baik bagi mahasiwa pendatang itu sendiri maupun lingkungan sekitar dimana mahasiswa itu tinggal. Penelitian ini kemudian di relevansikan dengan teori Kebudayaan van Perseun yang terbagi menjadi tiga alam pemikiran diantaranya alam pikiran mitis, alam pikiran ontologis dan alam pemikiran fungsional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian yang diteliti. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, pengumpulan data dilakukan dengan observasi di Kelurahan Cipadung, wawancara dengan mahasiswa pendatang asal Subang dan Indramayu semester awal-akhir juga masyarakat sekitar Kelurahan Cipadung, lalu didokumentasikan. Data yang diperoleh direduksi (reduction) kemudian penyajian data (display) dan ditarik kesimpulan (verifikasi) dari hasil penelitian. Temuan penelitian ini diperoleh 1) Nilai kebudayaan yang tertanam pada mahasiswa pendatang asal Subang dan Indramayu diantaranya yaitu nilai berbudaya, nilai tradisi dan kesenian, nilai keagamaan, persaudaraan, keramahtamahan dan rasa bangga akan kebudayaan yang mereka miliki 2) Kondisi sosial masyarakat kelurahan Cipadung termasuk dalam klasifikasi masyarakat heterogen, mampu swasembada dalam kebutuhannya, sarana prasarana pendidikan yang memadai, kesejahteraan ekonomi masyarakat termasuk pada tingkat menengah, hubungan antar masyarakat harmonis, rasa solidaritas yang baik dan kompak 3) Bentuk yang terlihat dari pelestarian nilai kebudayaan ini berupa penggunaan bahasa daerah asal, sopansantun, kerjasama dan gotong royong antar mahasiswa atau dengan masyarakat, keikut sertaan melestarikan nilai keagamaan, dan menunjukan nilai-nilai kesenian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kebudayaan; perkotaan; mahasiswa pendatang; mahasiswa uin
Subjects: Culture and Institutions
Culture and Institutions > Specific Aspect of Culture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ridwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 30 May 2023 05:12
Last Modified: 30 May 2023 05:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68767

Actions (login required)

View Item View Item