Partisipasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengembangan Desa Wisata : Studi deskriptif di Desa Lebak Muncang Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung

Nursafii, Moh Abdul Ishaq (2023) Partisipasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengembangan Desa Wisata : Studi deskriptif di Desa Lebak Muncang Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi merupakan adanya keterlibatan masyarakat dalam menjadikan suatu program berhasil. Partisipasi merupakan hal yang penting untuk menjadikan program pembangunan dalam pengembangan suatu wilayah. Partisipasi dilakukan oleh masyarakat yang mendiami wilayah yang menjadi target pembangunan. Salah satu bentuk partisipasi adalah terbentuknya BUMDes yang menjadi wadah partisipasi masyarakat dalam membangun dan mensukseskan pembangunan ekonomi desa. Seperti yang terjadi pada desa Lebakmuncang yang mempunyai potensi wisata yang dikelola oleh masyarakat dan kemudian dialihkan kepada BUMDes sebagai wadah masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengembangkan desa wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai partisipasi yang dilakukan oleh pemangku kepentingan seperti partisipasi dari pemerintah desa, partisipasi dari masyarakat, peran pengelola desa wisata dan terkhusus partisipasi yang dilakukan oleh BUMDes sebagai pengelola Desa Wisata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep sosiologi pembangunan dengan kajian teori pembangunan manusia dengan menggunakan analisis peran BUMDes sebagai kajiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen terhadap masyarakat desa Lebakmuncang, BUMDes Desa Lebakmuncang, dan pelaku usaha di desa wisata Lebakmuncang dengan teknik pemilihan informan melalui teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan penelitian ini menunjukan peran BUMDes cukup berdampak terbentuknya desa wisata Lebakmuncang dengan munculnya potensi-potensi yang ada di masyarakat baik secara sosial ekonomi Pendidikan yang menunjang menjadi desa wisata sebagai objek keindahan yang berdampingan dengan kearifan lokal di desa wisata Lebakmuncang Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BUMDes; Desa Wisata; Pembangunan Desa
Subjects: Communities
Communities > Community Sociology
Communities > Villages
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Moh Abdul Ishaq Nursafii
Date Deposited: 31 May 2023 03:01
Last Modified: 31 May 2023 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68775

Actions (login required)

View Item View Item