Kontribusi Kelompok Tani Saluyu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi kasus di Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang

Saepullah, Asep (2023) Kontribusi Kelompok Tani Saluyu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi kasus di Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari melihat masyarakat yang kurang bisa memanfaatkan seluruh potensi yang ada terutama pada sektor pertanian. Dengan adanya kelompok tani ini diharapkan menjadi sebuah langkah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Serta masyarakat diharapkan untuk ikut aktif dalam program yang telah disediakan oleh kelompok tani untuk bekerjasama dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori sosiologis dari Talcott Parsons mengenai Fungsionalisme Struktural. Dalam teori ini menjelaskan bahwa keseimbangan yang ada di masyarakat akan tercapai dan terjaga dengan menggunakan empat imperative fungsional yang telah dirancang oleh parsons. Keempat imperative fungsional tersebut diantaranya ialah, adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi dan pemeliharaan pola. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang pelaksanaannya sesuai dengan keadaan sebenarnya. Fakta dan karakteristik suatu populasi di lapangan dijelaskan secara sistematis dan jelas dengan menggunakan metode deskriptif. Data sekunder dan primer merupakan sumber informasi yang dikumpulkan untuk penelitian ini. Melalui wawancara langsung dengan informan, data sekunder dikumpulkan. Informasi tambahan diperoleh melalui catatan yang ada di Desa Sukamantri. Berdasarkan pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program utama pembangunan pertanian pada kelompok tani desa sukamantri kumpulan dari kegiatan-kegiatan yang di rancang untuk mencapai sasaran tertentu atau beberapa sasaran secara sekaligus antara lain sebagai penyuluhan pertanian, sarana bekerja sama unit produksi kelompok tani saluyu, memanfaatkan pekarangan menjadi lahan pertanian, peningkatan hasil pertanian, sosialisasi kelompok wanita tani saluyu. Kontribusi kelompok tani saluyu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sukamantri melakuikan beberapa upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa pelatihan kelompok tani, penyediaan kartu tani, penyediaan bibit, penyediaan lahan, penyediaan pupuk dan penyediaan alat inventaris. beberapa hal tersebut jika dilaksanakan dengan baik tentu akan berpengaruh terhadap masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya. Respon dari masyarakat dengan adanya kelompok tani memberikan respon yang baik, karena sebelum terbentuk kelompok tani masyarakat hanya menanam padi. namun seiteilah adanya keilompok tani para petani menanam berbagai macam tanaman di antaranya palawija untuk menambah wawasan dan membantu para petani. Dapat disimpulkan bahwa kontribusi kelompok tani saluyu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat tergantung dari keaktifan masyarakat dalam mengikuti kegiatan yang disediakan oleh kelompok tani. Dengan adanya kelompok tani ini diharapkan bisa menjadikan tambahan pengetahuan baru untuk masyarakat dalam upaya untuk mencapai kesejahteraan dan mengembangkan setiap potensi yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Tani; Kesejahteraan Masyarakat;
Subjects: Social Groups
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Asep Saepullah
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:20
Last Modified: 05 Jun 2023 01:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68841

Actions (login required)

View Item View Item