Retorika Tabligh KH. Atjeng Abdul Mujib, M.Ag: Studi deskriptif retorika dakwah KH. Atjeng Abdul Mujib terhadap masyarakat di Garut

Wahid, Hilman Abdul (2022) Retorika Tabligh KH. Atjeng Abdul Mujib, M.Ag: Studi deskriptif retorika dakwah KH. Atjeng Abdul Mujib terhadap masyarakat di Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Retorika ialah seni berpidato dan berargumentasi dengan menggunakan susunan bahasa yang benar, baik, dan lancar untuk dapat memberikan pengaruh kepada seseorang, serta mengajak pendengar yang bersifat membangunkan motivaasi dan lainnya. Retorika menjelaskan qoidah-qoidah yang menjadi acuan dari tulisan yang bersifat prosa atau wacana lisan yang berbentuk pidato, orasi, ataupun ceramah untuk dapat mempengaruhi sikap dan perasaan orang. Untuk mampu menjadi pembicara di depan umum, seseorang memerlukan ilmu bahasa atau retorika demi menunjang kualitas pembicaraannya. Selain itu, retorika mempunyai tujuan untuk meyakinkan mustami atau para pendengar tentang kebenaran gagasan/topik yang dibicarakan. Oleh karena itu, diperlukan rekonstruksi retorika dan bahasa dalam melakukan sebuah pembicaraan atau komunikaasi di halayak umum. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan pengetahuan tentang strategi tabligh yang dilakukan oleh KH. Atjeng Abdul Mujib, dan untuk mengetahui monitoring atau media tabligh dan wasilah tabligh yang dilakukan oleh KH. Atjeng Abdul Mujib. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah memaparkan situasi dan peristiwa (Jalaludin Rakhmat, 2012: 24), melakukan explorasi dengan mengambil kesimpulan dari pengumpulan data melalui studi dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwasanya penyampaian retorika KH. Atjeng Abdul Mujib yaitu beliau selalu tegas dalam berbicara, kuat dan ketat terhadap hukum kemudia juga energik dalam menyampaikan isi materi. Serta ekspresi yang bisa membuat tertawa dengan menggerakan tubuh dan tangannya yang selalu aktif. Dan materi tabligh KH. Atjeng Abdul Mujib ialah menyampaikan tentang akidah, akhlak, keutamaan ta’at kepada guru, kenegaraan, dan ke NU an, KH. Atjeng Abdul Mujib juga mempunyai basik ilmu dari kesalafiahan seperti ilmu alat, tauhid, fiqh, tasawuf, mani’, bayan, dan mantiq juga bisa menggambarkan keadaan masyarakat dengan dikemas kedalam bahasa yang sederhana namun mengena dan mudah dipahami diberbagai kalangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika; Tabligh; Strategi Tabligh; Aqidah; Materi Tabligh; Garut
Subjects: Islam > Da'wah
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hilman Abdul Wahid
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:46
Last Modified: 05 Jun 2023 00:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68899

Actions (login required)

View Item View Item