Epistemologi pendidikan Islam : Dari paradigma Teosentris ke Teoantroposentris; dari metode Parsialistik ke Integralistik - Interkonektif

Mulyana, Rohmat and Umiarso, Umiarso (2023) Epistemologi pendidikan Islam : Dari paradigma Teosentris ke Teoantroposentris; dari metode Parsialistik ke Integralistik - Interkonektif. Remaja Rosdakarya, Bandung. ISBN 9786024466671

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged (4).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Buku ini bertujuan untuk menggambarkan nilai-nilai pendidikan Islam yang bersifat profetik melalui pendekatan integratif keilmuan Islam. Penulis ingin mendorong sikap kritis terhadap konstruksi teori kependidikan Islam yang ada saat ini, terutama dalam kerangka filosofisnya. Penulis juga mengusulkan reorientasi epistemologi dalam teori kependidikan Islam sebagai upaya pembenahan. Buku ini membuka dialog dengan pemikiran filosofis Barat dan konstruksi teori dari masyarakat Barat, dengan harapan menghasilkan konsep-konsep konstruktif yang relevan dengan perkembangan zaman. Penulis mencoba melacak dan mengurai problematika yang ada dalam ilmu pengetahuan kependidikan Islam, dan menawarkan konsep-konsep alternatif sebagai solusi. Buku ini juga berupaya membangun kerangka dasar diskursus kependidikan Islam yang holistik dan komprehensif.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Epistemologi pendidikan Islam; paradigma Teosentris; paradigma Teoantroposentris; metode Parsialistik; metode Integralistik - Interkonektif
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: LP2M UIN SGD BANDUNG
Date Deposited: 05 Jun 2023 09:09
Last Modified: 05 Jun 2023 09:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68948

Actions (login required)

View Item View Item