Pengaruh komunikasi pemasaran terhadap Brand Awareness madrasah : Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah swasta se-Kecamatan Tarogong Kidul

Elvandari, Aliya (2023) Pengaruh komunikasi pemasaran terhadap Brand Awareness madrasah : Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah swasta se-Kecamatan Tarogong Kidul. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pendidikan dihadapkan pada globalisasi pendidikan dengan ciri pasar bebasnya tidak hanya menjual barang produksi industri saja, melainkan sumber daya manusia yang siap kerja. Hal ini terlihat dari kategori sekolah unggulan, fasilitas lengkap, murid melimpah, produknya pun diakui oleh masyarakat. Komunikasi menjadi kunci keberhasilan dari kerja pemasaran, termasuk pemasaran jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) komunikasi pemasaran di Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Tarogong Kidul, (2) brand awareness di Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Tarogong Kidul, (3) pengaruh komunikasi pemasaran terhadap brand awareness di Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Tarogong Kidul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 64 siswa/i. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan analisis intrumen (validitas dan realibilitas), analisis parsial per indikator (uji realitas variabel X dan uji realitas variabel Y), analisis asumsi klasik (linearitas dan normalitas), uji korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji F dan uji t). Hasil penelitian menunjukkan (1) komunikasi pemasaran di Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Tarogong Kidul memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,04 yaitu termasuk kedalam kualifikasi “Cukup”. Artinya komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Tarogong Kidul dikelola dengan cukup baik, dibuktikan dengan hasil pengelolaannya yaitu ketersediaan sarana / media untuk menginformasikan secara langsung maupun tidak langsung tentang Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Tarogong Kidul. (2) brand awareness Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamtan Tarogong Kidul memperoleh nilai sebesar 3,10 yaitu termasuk dalam kualifikasi “Cukup”. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya konsumen di pasar yang sudah mengenali atau mengingat tentang keberaan MAS di Kecamatan Tarogong Kidul. (3) pengaruh komunikasi pemasaran terhadap brand awareness di Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Tarogong Kidul variabeil X (Komunikasi Peimasaran) memperoleh hasil pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap variabeil Y (Brand Awareineiss) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Artinya, terdapat pengaruh antara komunikasi pemasaran terhadap brand awareness madrasah. Adapun nilai koefisien regresi sebesar 0,293 yang menunjukkan adanya pengaruh yang searah atau dalam artian jika Komunikasi Pemasaran (X) meningkat sebesar 1 satuan, maka Brand Awareness (Y) juga akan meningkat sebesar 0,293. Artinya, jika komunikasi pemasaran meningkat sebesar 0,286, maka brand awareness madrasah pun akan meningkat sebesar 0,293. Keimudian koeifisiein detereminasi (R square) dipeiroleih yaitu 0,455 yang mengandung arti bahwa pengaruh variable bebas (Komunikasi Pemasaran) teirhadap variabeil terikat (brand awareineiss) seibeisar 45,5%. Seidangkan 54,5% dipeingaruhi oleih varibeil lain di luar peineilitian. Selanjutnya hasil uji parsial (thitung) = 7,193 > ttabel = 0,254, artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil pengujian ini menyatakan bahwa komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness madrasah di Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamtan Tarogong Kidul. Diharapkan lembaga dapat terus melakukan inovasi dalam strategi memasarkan jasa Pendidikan di tengah persaingan yang semakin kompetitif yaitu dengan memperluas macam media komunikasi terutama pada variabel public relation, social media marketing, dan event and experiences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Komunikasi; Pemasaran; Brand Awareness; Madrasah
Subjects: General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aliya Elvandari
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:14
Last Modified: 06 Jun 2023 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68954

Actions (login required)

View Item View Item