Sistem rekrutmen pegawai Baznas Kabupaten Subang dalam meningkatkan kualitas SDM : Penelitian di Baznas Kabupaten Subang

Iqbal, M Jalaludin (2022) Sistem rekrutmen pegawai Baznas Kabupaten Subang dalam meningkatkan kualitas SDM : Penelitian di Baznas Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal yang sangat penting dalam pencapaian tujuan sebuah lembaga atau perusahaan. Dalam SDM sistem perekrutan menjadi suatu yang sangat penting karena pada fase inilah seleksi awal atas kinerja pegawai dilakukan. Untuk mencapai target yang diharapkan, maka dalam pengelolaan ini menerapkan kaidah-kaidah keorganisasian. Yaitu terdapatnya sejumlah tenaga manusia pengelola organisasi. Juga dikembangkan struktur kerja untuk mengkoordinasikan potensi-potensi SDM tersebut sehingga menjadi seseorang yang sesuai kemampuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perekrutan di BAZNAS Kabupaten Subang. Mengetahui Pola perekrutan di BAZNAS Kabupaten Subang dan untuk mengetahui darimana sumber perekrutan BAZNAS Kabupaten Subang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori rekrutmen yang dikemukakan oleh Siagian. Teori ini menjelaskan kegiatan mencari dan mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar lowongan pekerjaan yang masih kosong di perusahaan dan sesuai dengan kemampuan pelamar. Dimana nantinya peneliti mengetahui bagaimana sistem rekrutmen yang diterapkan di BAZNAS Kabupaten Subang dalam meningkatkan kualitas SDM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif serta pendekatan kualitatif untuk mengamati, menganalisa persoalan yang ada secara sistematis dan akurat mengenai fakta dan sifat objek tertentu. Digunakannya metode ini dikarenakan peneliti ingin menggambarkan secara sistematis fakta dari kaderisasi organisasi secara cermat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem rekrutmen yang dilaksanakan oleh BAZNAS Kabupaten Subang dalam meningkatkan kualitas SDM melakukan prosesnya secara struktural, terbuka dan tertutup. Seperti dilakukannya proses publikasi guna memberikan informasi kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan pekerjaan. Kemudian secara pola melakukaan dua pola yakni pola terbuka dan tertutup, pola terbuka ini dilakukan secara online melalui metode sumber penarikan karyawan menggunakan media massa online seperti instagram, facebook dan whatsapp, metode ini dilakukan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten sehingga tujuan dari lembaga BAZNAS ini dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target serta visi dan misinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen; Pegawai Baznas; Kualitas SDM
Subjects: Islam > Zakat
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: M. Jalaludin Iqbal
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:17
Last Modified: 06 Jun 2023 06:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68965

Actions (login required)

View Item View Item