Penataan kawasan kumuh Kampung Baru Dadap, Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang dihubungkan dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 2/ PRT/ M/ 2016 tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh

Mooduto, Andika Muhammad Arifin (2022) Penataan kawasan kumuh Kampung Baru Dadap, Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang dihubungkan dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 2/ PRT/ M/ 2016 tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Permukiman Kumuh adalah permukiman yang memiliki kualitas bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak memenuhi syarat. Pelaksanaan penataan terhadap Kampung Baru Dadap sebagai lokasi permukiman kumuh pada tahun 2016 mendapatkan penolakan dari masyarakat sekitar yang menilai perencanaan penataan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penerapan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 2/ PRT/ M/ 2016 Tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh dalam penataan kawasan kumuh Kampung Baru Dadap; Untuk mengetahui pelaksanaan penataan kawasan kumuh melalui konsep Community Action Plan; Untuk mengetahui kendala dan upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dalam penataan kawasan kumuh Kampung Baru Dadap. Teori yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah Teori Kewenangan, Teori Pemerintahan Daerah, Teori Peraturan Menteri, Teori Tata Ruang, Teori Permukiman dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 2/ PRT/ M/ 2016 Tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh. Penelitian ini dilakukan melalui metode penelitian deskriptif analisis melalui pendekatan yuridis empiris, data diperoleh melalui studi pustaka dan penelitian lapangan yang dilakukan di Kampung Baru Dadap, Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dan Ombudsman Republik Indonesia. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 2/PRT/M/2016 Tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh kurang diterapkan; Konsep penataan kurang melibatkan masyarakat sekitar; Penataan memiliki kendala belum sesuaianya dengan dasar hukum beserta status legalitas tanah. Upaya yang telah dilakukan adalah penyediaan tempat tinggal sementara dan pemenuhan serangkaian dasar hukum penataan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemukiman; kawasan kumuh; perumahan; penataan kawasan
Subjects: Law
Law > Organization and Management of Law
Law > General Publications of Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Andika Muhammad Arifin Mooduto
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:42
Last Modified: 07 Jun 2023 06:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69040

Actions (login required)

View Item View Item