Hubungan latar belakang pendidikan dengan etos kerja pendidik dan tenaga kependidikan : Penelitian di MIN se-Kota Bandung

Lisartika, Mia (2023) Hubungan latar belakang pendidikan dengan etos kerja pendidik dan tenaga kependidikan : Penelitian di MIN se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftrapustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pendidikan sangatlah penting bagi etos kerja seorang karyawan, terlebih lagi bagi seorang tenga pendidik dan kependidikan yang dipersiapkan untuk mencerdaskan peserta didik itu sendiri. Disamping itu latar belakang pendidikan dengan prestasi akademik yang diraih dapat menjadi acuan pemberian beban kerja dan tanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan. Seorang tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki etos kerja tinggi akan mengerjakan pekerjaannya lebih semangat dan menekuni pekerjaanya dengan tanggung jawab besar sehingga akan berpengaruh terhadap keberhasilan kerjanya. Karyawan dengan etos kerja tinggi akan memiliki motivasi tinggi dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan latar belakang pendidikan pendidik dan tenaga kependidikan di MIN se-Kota Bandung (2) Untuk mendeskripsikan etos kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MIN se-Kota Bandung (3) Untuk menganalisis hubungan latar belakang pendidikan dengan etos kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MIN se-Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah pendidik dan tenaga kependidikan di MIN se-Kota Bandung sebanyak 63 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) latar belakang pendidikan di MIN se-Kota Bandung memperoleh hasil dengan nilai rata-rata sebesar 3,63 dari hasil pengolahan data (2) etos kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MIN se- Kota Bandung memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,52 dari hasil pengolahan data (3) berdasarkan uji kolerasi sebesar 0,003, maka terdapat kolerasi antarvariabel, selanjutnya berdasarkan nilai pearson correlattion sebesar 0,363 maka kriteria kolerasi kedua variabel yaitu mempunyai hubungan yang besar atau sangat kuat. Oleh karena itu, kedua variabel memiliki hubungan yang searah yang berarti semakin tinggi latar belakang pendidikan, maka semakin tinggi pula etos kerja pendidik dan tenaga kependidikan. Selain itu juga memperoleh hasil dari uji koefesien determinasi (R square) sebesar 0,132 yang artinya kontribusi variabel latar belakang pendidikan dengan etos kerja pendidik dan tenaga kependidikan sebesar 13,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Pendidikan; Etos Kerja; Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mia Lisartika
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:55
Last Modified: 12 Jun 2023 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69092

Actions (login required)

View Item View Item