Pelaksanaan persidangan secara elektronik (e-Litigasi) di Pengadilan Agama Cianjur dihubungkan dengan asas sederhana, cepat, dan biaya ringan

Aditya, Wisnu Gilang (2023) Pelaksanaan persidangan secara elektronik (e-Litigasi) di Pengadilan Agama Cianjur dihubungkan dengan asas sederhana, cepat, dan biaya ringan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Undang-Undang No.48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman Pasal 4 ayat 2 mengamanatkan peradilan dilakukan dengan sederhana cepat dan biaya ringan. Akan tetapi fakta dilapangan menunjukkan pemeriksaan perkara di pengadilan menghabiskan waktu dan menguras biaya yang tidak sedikit, hal ini tidak sesuai dengan asas sederhana, cepat dan biaya ringan. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut Mahkamah Agung mengeluarkan berbagai peraturan diantaranya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara elektronik, perma ini diantaranya mengatur layanan berupa persidangan dengan acara elektronik (e-litigasi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan persidangan dengan acara elektronik di Pengadilan Agama Cianjur, mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Pengadilan Agama Cianjur dalam pelaksanaan persidangan elektronik, serta mengetahui bagaimana pelaksanaan persidangan elektronik yang dihubungkan dengan asas sederhana, cepat dan biaya ringan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dimana penulis mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan persidangan elektronik di Pengadilan Agama Cianjur. Sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teori maslahah mursalah dalam kaitan pelaksanaan e-litigasi di Pengadilan Agma Cianjur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persidangan secara elektronik di Pengadilan Agama Cianjur telah berjalan sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara Elektronik. Namun demikian, tetap terdapat berbagai kendala diantaranya, tidak banyaknya masyarakat yang mengetahui dan memahami apa dan bagaimana persidangan elektronik, kendala pemutakhiran, kendala pada hal yang tidak diprediksi. Meski demikian, pada perkara yang berhasil putus melalui acara elektronik menunjukkan pelaksanaan e-litigasi telah sesuai dengan asas sederhana, cepat dan biaya ringan. Ada kemudahan pada persidangan, para pihak tidak perlu datang ke Pengadilan dan cukup mengirim dokumen elektronik, kemudian persidangan pada pententuan jadwalnya bisa dipadatkan sehingga selesainya perkara bisa lebih cepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-litigasi; persidangan elektronik; e-court
Subjects: Law > Organization and Management of Law
Law > General Publications of Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Wisnu Gilang Aditya
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:57
Last Modified: 14 Jun 2023 05:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69127

Actions (login required)

View Item View Item