Implementasi metode pembelajaran Silent Way untuk meningkatkan kemampuan al-Insya' siswa

Zauhari, Moh Dzikri (2021) Implementasi metode pembelajaran Silent Way untuk meningkatkan kemampuan al-Insya' siswa. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Pada era yang semakin maju (globalisasi) ini menulis adalah salah satu jembatan yang tepat untuk menuangkan gagasan maupun pemikiran-pemikiran, baik berupa ilmiah maupun non-ilmiah dalam jangkauan yang sangat luas. Seperti melibatkan media internet untuk menulis, sehingga tulisan yang kita buat mampu diakses oleh orang lain dimanapun dan kapanpun secara mudah. Penelitian Tesis ini bertujuan mengetahui Efektivitas Metode Pembelajaran Suggestopedia dengan metode konvensional dalam pembelajaran menulis Insya’ siswa kelas IX SMPIT Cikal Kabupaten Garut. Yang mengkaji efektivitas Implementasi metode pembelajaran Suggestopedia untuk meningkatkan kemampuan Insya’ siswa kelas IX SMPIT Cikal Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitiaan ini menggunaakan penelitian pretest control group. Populasi penelitian ini siswa kelas IX SMPIT Cikal yang berjumlah 70 orang. penarikan sampel dalam penelitian ini digunakan sampel total (total sampling). sampel dalam penelitian ini dikelompokkan atas dua kelompok, yaitu siswa kelas IX1 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX2 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan, yaitu observasi dan tes. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan dua cara dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Untuk menganalisis, data tersebut digunakan software pengolah data Stastistical Product Service Solusion (SPSS) Versi 15.0 Sistem Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil metode Pembelajaran Suggestopedia Kelas IX SMPIT Cikal Kabupaten Garut dikategorikan memadai. Di antara 35 siswa kelas eksperimen, terdapat 31 orang yang memperoleh nilai di atas 70 ataau 88,57%. Sedangkan kelas kontrol, di antara 35 siswa terdapat 22 siswa yang memperoleh nilai di atas 70 atau 62,85%. Berbeda dengan hasil metode pembelajaran Konvensional, metode Pembelajaran Suggestopedia Efektif Diterapkan dalam Pembelajaran Insya’. Hal ini tampak pada nilai t 122.556 dengan signifikansi (ρ) 0.000 karena ρ ‹ α = 0.05. maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis satu (H1) diterima. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai kemampuan Menulis Insya’ pada metode pembelajaran Suggestopedia dengan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: silent way; al-insya'
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: MOH DZIKRI ZAUHARI
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:10
Last Modified: 13 Jun 2023 01:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69162

Actions (login required)

View Item View Item