Pengaruh penerapan metode Talaqqi terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian pre eksperimen pada santri kelas X A MA Persis 19 Bentar Garut Kota

Sopyan, Fikri Mahendra Aulia (2023) Pengaruh penerapan metode Talaqqi terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian pre eksperimen pada santri kelas X A MA Persis 19 Bentar Garut Kota. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti, didapatkan informasi melalui wawancara dengan pengajar tahsin bahwa mayoritas santri ini mempunyai nilai yang masih rendah dan dibawah KKM dalam kemampuan membaca al-Qur’an. Hal ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya yaitu metode. Guru masih hanya mengandalkan metode yang cenderung teacher centered learning sehingga kurang ada bimbingan intensif dari guru yang mengajar nya, dengan bimbingan intensif bacaan para peserta didik bisa terkontrol dan sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid. Permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pre eksperimen dengan menerapkan metode talaqqi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) proses penerapan metode talaqqi dalam pembelajaran Al-Qur’an, (2) kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi, dan (3) pengaruh penerapan metode talaqqi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri. Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an itu ada beberapa faktor salah satunya yaitu metode. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode talaqqi diduga memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri kelas X A MA Persis 19 Bentar Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen yang bersifat pre eksperimen. Kelas eksperimen merupakan santri kelas X A di MA Persis 19 Bentar Garut Kota yang berjumlah 25 Orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, tes dan studi dokumen. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu: analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) proses penerapan pembelajaran metode talaqqi berlangsung lancar dan sesuai rencana, Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan ke 1 dikategorikan cukup dengan skor 65,90, sedangkan aktivitas santri dikategorikan cukup, yaitu 63,63. Pada pertemuan ke 2 aktivitas guru dikategorikan baik dengan skor 75, sedangkan aktivitas santri dikategorikan baik, yaitu 75,94. Pada pertemuan ke 3 aktivitas guru dikategorikan sangat baik dengan skor 88,63, sedangkan aktivitas santri dikategorikan sangat baik, yaitu 86,36. (2) Kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an sebelum menggunakan metode talaqqi tergolong pada kategori rendah dengan nilai rata-rata pretest yaitu 52,44 pada rentang interval 40-60. Setelah menggunakan metode talaqqi tergolong dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata yang didapat pada posttest yaitu 85,36 pada rentang interval 80-100. (3) Penerapan metode talaqqi memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an sebesar 59,5%, hal ini terlihat pada hasil analisis data inferensial dengan uji t didapatkan thitung (-18,187) < ttabel (-2,064). Dengan demikian hasil -thitung < -ttabel menunjukan bahwa penerapan metode talaqqi berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri kelas X A MA Persis 19 Bentar Garut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi; Kemampuan Membaca Al-Quran
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fikri Fikri Fikri
Date Deposited: 12 Jun 2023 05:03
Last Modified: 12 Jun 2023 05:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69166

Actions (login required)

View Item View Item