Pengaruh kredibilitas Da'i terhadap minat Pemuda Penggiat Digital dalam mengikuti kajian Islam : Studi deskriptif kuantitatif Habib Husein Ja'far Al-Hadar pada Channel YouTube Jeda Nulis

Alpaizi, Moh Falah (2023) Pengaruh kredibilitas Da'i terhadap minat Pemuda Penggiat Digital dalam mengikuti kajian Islam : Studi deskriptif kuantitatif Habib Husein Ja'far Al-Hadar pada Channel YouTube Jeda Nulis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Da’i ibarat seorang guide atau pemandu terhadap orang-orang yang ingin mendapatkan keselamatan hidup di dunia dan akhirat. Ia adalah petunjuk jalan yang harus mengerti dan memahami jalan yang boleh dilalui dan mana jalan yang tidak boleh di lalui seorang muslim, sebelum ia memberi petunjuk jalan pada orang lain. Oleh karena itu, ia ditengah masyarakat memiliki kedudukan yang penting sebab ia adalah seorang pemuka (pelopor) yang selalu diteladani oleh masyrakat. Perbuatan dan tingkah lakunya selalu dijadikan tolak ukur oleh masyarakatnya. Ia adalah seorang pemimpin di tengah masyarakat walau tidak pernah dinobatkan resmi sebagai pemimpin. Seorang da’i harus mempunyai kredibilitas yang baik dalam melakukan dakwahnya. Kredibilitas da’i sebagai persepsi sasaran dakwah pada dasarnya adalah penilaian sasaran dakwah terhadap da’i. Penilaian tersebut dapat bersifat obyektif dapat pula bersifat subyektif, karena individua atau kelompok tertentu sebagai sasaran dakwah memilki figure ideal tentang kapasitas da’i menurut sudut pandang yang mendasarinya. Dalam penelitian ini mencari sejauh mana hubungan antara variabel x (pengaruh kredibilitas da’i) terhadap variabel y (minat pemuda dalam mengikuti kajian) pada channel youtube “Jeda Nulis”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei untuk tujuan: (1) mengumpulkan informasi, (2) mengidentifikasi masalah atau memeriksa kondisi dan praktek-praktek yang berlaku, (3) membuat perbandingan dan evaluasi, (4) menentukan apa yang dilakukan orang lain dalam menghadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka untuk menetapkan rencana dan keputusan pada waktu yang akan datang. Teknik pengambilan sampel mengambil 60 responden dengan angket/kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengaruh yang kuat dari kredibilitas da’i terhadap minat pemuda dalam mengikuti kajian islam dengan persentase pengaruh mencapai 42,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Kredibilitas; Da’i; Minat;
Subjects: Islam > Islam and Technology
Islam > Sermons and Preaching
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Moh Falah Alpaizi
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:55
Last Modified: 12 Jun 2023 02:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69167

Actions (login required)

View Item View Item